visitaaponce.com

Presiden Joe Biden Menyatakan Perang di Gaza Dapat Dimanfaatkan Netanyahu untuk Keuntungan Politik

Presiden Joe Biden Menyatakan Perang di Gaza Dapat Dimanfaatkan Netanyahu untuk Keuntungan Politik
Presiden Joe Biden menyarankan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mungkin memperpanjang perang di Gaza untuk mempertahankan kekuasaan(Akun X/@POTUS)

PRESIDEN Joe Biden menyarankan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Selasa (4/6), bahwa rekannya dari Israel, Benjamin Netanyahu, mungkin memperpanjang perang di Gaza dalam upaya untuk tetap berkuasa. Biden juga mengatakan "tidak pasti" apakah Israel telah melakukan kejahatan perang.

"Ada setiap alasan bagi orang untuk menarik kesimpulan itu," katanya ketika ditanya apakah dia percaya bahwa Netanyahu berusaha memperpanjang konflik untuk tujuan politik, memberikan suara pada keyakinan yang tersebar luas di Washington dan ibu kota lainnya bahwa pemimpin Israel itu menggunakan perang sebagai penyangga terhadap reaksi balik.

"Sebelum perang dimulai, reaksi balik yang dia terima dari militer Israel karena ingin mengubah konstitusi - mengubah pengadilan. Jadi ini adalah perdebatan domestik internal yang tampaknya tidak memiliki konsekuensi," kata Biden, mengacu pada usulan perombakan yudisial Netanyahu yang telah memicu protes marah sebelum serangan teror Hamas pada 7 Oktober yang memicu konflik saat ini.

Baca juga : Joe Biden Ungkap Borok Benjamin Netanyahu dan Desak Israel Setujui Gencatan Senjata

"Apakah dia akan mengubah posisinya atau tidak, sulit untuk dikatakan, tetapi itu tidak membantu," kata Biden.

Presiden membuat komentar tersebut minggu lalu saat dia bersiap untuk menyampaikan pidato yang menjelaskan apa yang dia katakan sebagai usulan Israel untuk mengakhiri perang dan memastikan pembebasan sandera.

Pidato tersebut dimaksudkan untuk memberikan tekanan pada Hamas dan Israel untuk mengakhiri perang, tetapi efek dari pernyataannya adalah menempatkan Netanyahu dalam sorotan saat perang di Gaza berlanjut. Sejauh ini, Netanyahu belum secara terbuka mendukung rencana tersebut, meskipun itu adalah usulan Israel, dan anggota pemerintahannya yang ekstrem kanan telah mengancam untuk mundur jika rencana tersebut diadopsi.

Baca juga : Joe Biden Bantah Tekan Benjamin Netanyahu Secara Politik

Keputusan presiden untuk menguraikan secara rinci rencana Israel tersebut menggarisbawahi ketidaksabarannya yang semakin meningkat pada kebuntuan dalam pembicaraan untuk memastikan pembebasan sandera.

"Bibi berada di bawah tekanan besar pada sandera ... dan jadi dia siap melakukan apa saja untuk mendapatkan sandera kembali," kata Biden, menggunakan nama panggilan Netanyahu.

Berbicara pada hari Selasa setelah wawancara diterbitkan, Biden sekali lagi mengakui tekanan yang dihadapi Netanyahu ketika ditanya apakah perdana menteri sedang "bermain politik" dengan perang di Gaza.

Baca juga : Perdana Menteri Israel Setuju dengan Permintaan Biden terkait Rafah, Gaza

"Saya tidak berpikir begitu. Dia sedang mencoba menyelesaikan masalah serius yang dia miliki," kata Biden kepada wartawan setelah pidato tentang imigrasi.

Hubungan antara Biden dan Netanyahu telah menjadi tegang dalam beberapa bulan terakhir seiring berjalannya perang. AS telah merasa frustrasi pada beberapa taktik perang Israel, yang menurut pejabat tidak termasuk perlindungan yang cukup ketat untuk warga sipil.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby meremehkan komentar Biden kepada Time pada hari Selasa, dengan mengatakan kepada wartawan, "Saya pikir presiden sangat jelas dalam jawabannya tentang itu, dan kami akan membiarkan perdana menteri berbicara tentang politiknya sendiri dan tentang apa yang dikatakan para pengkritiknya, dan presiden merujuk pada apa yang banyak pengkritik telah katakan."

Baca juga : Benjamin Netanyahu Menolak Kritik Joe Biden terhadap Kebijakan Perang Israel di Gaza

Biden mengatakan dalam wawancara tersebut bahwa tidak jelas apakah tindakan Israel merupakan kejahatan perang, tuduhan yang dibuat oleh Pengadilan Kriminal Internasional ketika mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk beberapa pemimpin Israel.

Namun dia mengatakan Israel telah terlibat dalam "kegiatan yang tidak pantas."

"Jawabannya adalah itu tidak pasti dan telah diselidiki oleh pihak Israel sendiri. ICC adalah sesuatu yang tidak kami akui," kata Biden ketika ditanya apakah dia percaya Israel telah melakukan kejahatan perang di Gaza. 

"Namun satu hal yang pasti, orang-orang di Gaza, Palestina telah sangat menderita, karena kurangnya makanan, air, obat-obatan, dll. Dan banyak orang tak berdosa telah terbunuh. Namun itu - dan banyak hal itu tidak hanya karena Israel, tetapi juga karena apa yang Hamas lakukan di Israel saat kita berbicara. Hamas menakut-nakuti populasi itu."

Di dalam Gedung Putih, banyak yang memandang keengganan Netanyahu untuk mengakhiri perang sebagai cerminan dari posisi politiknya yang rapuh.

Posisi yang genting itu bisa menjadi lebih goyah lagi setelah penyelidikan terhadap kemungkinan sinyal yang terlewat sebelum serangan 7 Oktober dimulai. Dalam wawancara tersebut, Biden menolak untuk menyalahkan langsung Netanyahu atas setiap kegagalan keamanan.

"Saya tidak tahu bagaimana satu orang memiliki tanggung jawab itu. Dia adalah pemimpin negara itu, jadi karena itu, itu terjadi. Tetapi dia bukan satu-satunya yang tidak menyadarinya," kata Biden.

Sebaliknya, dia mengatakan ketidaksepakatan utamanya dengan pemimpin Israel adalah penolakannya untuk mulai merencanakan Gaza pascaperang dan penolakannya terhadap negara Palestina di masa depan.

"Ketidaksepakatan utama saya dengan Netanyahu adalah, apa yang terjadi setelah Gaza selesai? Apa, apa yang akan terjadi selanjutnya?" katanya.

"Perlu ada solusi dua negara, transisi ke solusi dua negara. Dan itu adalah ketidaksepakatan terbesar saya dengan Bibi Netanyahu."

Kirby mengakui bahwa Biden dan Netanyahu telah berselisih di masa lalu, termasuk tentang kelayakan solusi dua negara, "tetapi untuk bagian kami, kami akan memastikan bahwa Israel memiliki apa yang dibutuhkan untuk terus menghilangkan ancaman dari Hamas, dan bahwa kami akan terus bekerja dengan perdana menteri dan kabinet perang untuk mencoba menyelesaikan proposal ini - sebuah proposal, saya tambahkan bahwa itu adalah proposal Israel yang mereka buat setelah beberapa percakapan diplomatik dengan kami, dan yang telah mereka akui sebagai proposal mereka, jadi itulah fokus kami." (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat