visitaaponce.com

Ganjar Pranowo Lemah sebagai Oposisi karena tidak di Parlemen

Ganjar Pranowo Lemah sebagai Oposisi karena tidak di Parlemen
Ganjar Pranowo(MI/Susanto)

Ganjar Pranowo tidak akan memiliki kekuatan yang cukup jika menyatakan sikap sebagai oposisi secara pribadi. Pasalnya, Ganjar tidak berada di parlemen yang bisa mengkritisi pemerintah.

"Ya kurang kuat, memang bukan kekuatan dari parlemen," kata pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, saat dihubungi, Rabu (8/5).

Ia mengatakan kritik Ganjar nantinya akan sejajar dengan kelompok masyarakat sipil. Kritik datang bukan dari unsur legislator atau nonparlementer.

Baca juga : Ganjar Pranowo Putuskan Oposisi, PDIP: Maksudnya Itu Begini

"Ya kita-kita semua termasuk Ganjar, akademisi, civil society itu diistilahnya ya hanya mengkritisi pemerintah saja, istilahnya oposisi nonparlementer, tapi itu tidak dikenal dalam konteks ketatanegaraan," ujar Ujang.

Posisi Ganjar bisa lebih kuat jika partai pengusungnya, PDI Perjuangan (PDIP), juga ikut memosisikan diri sebagai oposisi. Namun, hingga saat ini, PDIP belum menentukan sikap.

Sebelumnya, Ganjar telah mendeklarasikan diri menjadi oposisi dalam pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Hal ini disampaikan Ganjar secara langsung saat acara halalbihalal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

"Saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini, tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini," kata Ganjar. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat