visitaaponce.com

Jokowi Dukung Program Kemanusiaan Prabowo di Gaza, Termasuk Bangun Rumah Sakit

Jokowi Dukung Program Kemanusiaan Prabowo di Gaza, Termasuk Bangun Rumah Sakit
Jokowi dukung aksi kemanusiaan Prabowo(Medcom/Kautsar Widya Prabowo)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memberikan dukungan penuh terhadap program kemanusiaan yang dicanangkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Jalur Gaza, Palestina. Salah satu program utama yang akan dijalankan adalah pembangunan rumah sakit dan pengiriman tenaga kesehatan Indonesia ke wilayah tersebut.

"Presiden sangat mendukung, memberi instruksi kepada saya kita siap mengirim rumah sakit, mengirim tenaga kesehatan kita di dalam Gaza," ujar Prabowo usai menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (6/6).

Prabowo menjelaskan bahwa dalam menjalankan misi kemanusiaan ini, Indonesia akan bekerja sama dengan negara-negara Timur Tengah, khususnya Uni Emirat Arab yang telah memiliki pengalaman mengoperasikan rumah sakit di Gaza.

Baca juga : Menhan Prabowo Subianto Serukan Gencatan Senjata di Gaza

"Negara-negara Timur Tengah yang juga sudah mengoperasikakan rumah sakit di situ yaitu Uni Emirat Arab," terangnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menginstruksikan Prabowo untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) mengenai Gaza di Yordania. "Beliau juga instruksi kepada saya untuk berusaha mampir dulu di Arab Saudi," terangnya.

Pembangunan rumah sakit ini menjadi langkah penting untuk membantu warga Gaza yang mengalami krisis kesehatan akibat konflik berkepanjangan. Sebelumnya, Rumah Sakit Indonesia di Gaza yang dikelola oleh LSM Indonesia terpaksa ditutup pada November 2023 akibat pertempuran yang terjadi.

Prabowo sendiri baru saja menghadiri Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura, di mana ia menyampaikan komitmen Indonesia untuk membantu Palestina. Dalam pidatonya, Prabowo menyatakan kesiapan Indonesia untuk menyumbangkan pasukan penjaga perdamaian PBB guna memantau gencatan senjata dan melindungi semua pihak di wilayah tersebut.

Dukungan penuh Presiden Jokowi terhadap program kemanusiaan di Gaza menunjukkan komitmen kuat Indonesia untuk membantu rakyat Palestina dan mewujudkan perdamaian di kawasan tersebut. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat