visitaaponce.com

Pemerintah Minta Kinerja Notaris Diawasi Secara Profesional

 Pemerintah Minta Kinerja Notaris Diawasi Secara Profesional
Menkumham Yasonna Laoly(MI / M Irfan)

MENTERI Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly meminta kinerja notaris dapat diawasi secara profesional. Hal ini menjadi tugas bagi Majelis Pengawas dan Majelis Kehormatan Notaris.

"Pemerintah perlu melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap notaris dalam melaksanakan jabatannya," ujar Yasonna dalam keterangan tertulis, Kamis, (6/6).

Yasonna menjelaskan berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh oknum notaris telah menimbulkan gugatan terhadap Kemenkumham. Baik melalui pengadilan negeri, pengadilan tata usaha negara (PTUN), hingga pelaporan dugaan tindak pidana kepada aparat penegak hukum.

"Kita semakin sering menerima pengaduan, baik dari masyarakat maupun Aparat Penegak Hukum (Apgakum), terkait permasalahan yang disebabkan oleh perilaku oknum notaris yang tidak profesional dan tidak bertanggung jawab," jelasnya.

Oleh karena itu, Majelis Pengawas Pusat Notaris diharapkan Majelis Pengawas Pusat Notaris dapat mempercepat proses permohonan banding terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh notaris. Agar masyarakat berhak mendapatkan keadilan dan kepastian hukum dari perilaku Notaris yang tidak bertanggung jawab.

"Sebagai anggota Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) harus membantu masyarakat yang mengalami kerugian dari tindakan notaris yang tidak profesional," tandasnya. (Z-8)

 



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat