visitaaponce.com

Kemenkominfo Tim Teknis Upayakan Pembukaan Enkripsi Data PDNS 2

Kemenkominfo: Tim Teknis Upayakan Pembukaan Enkripsi Data PDNS 2
Upaya membuka kunci data Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang terenkripsi.(Ilustrasi)

DIREKTUR Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, mengumumkan bahwa tim teknis sedang berupaya membuka kunci data Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang terenkripsi.

Kelompok peretas Brain Cipher diketahui telah memberikan kode untuk membuka enkripsi pada PDNS 2 pada Rabu (3/7) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

"Ini sedang dikerjakan oleh teman-teman teknis," ujar Semuel di Jakarta, Kamis.

Baca juga : Kunci Enkripsi PDNS sudah Diberikan, Kemenkominfo: Belum Bisa Dibuka Total

Semuel menjelaskan bahwa tim teknis telah mencoba membuka kunci menggunakan kode yang dibagikan oleh kelompok peretas pada spesimen data yang dimiliki oleh Kementerian Kominfo.

Dari percobaan tersebut, spesimen data berhasil dibuka. Namun, dia belum bisa memastikan apakah kunci tersebut bisa digunakan pada semua data PDNS 2 yang terenkripsi.

"Saya dilaporkan kuncinya bisa dipakai di contoh spesimen yang kita dapat. Apa itu spesimen? Waktu itu kita mengambil data, dan data yang dikunci ini kita coba di situ," kata Semuel.

Baca juga : Brain Cipher Janji Bantu PDNS Buka Kunci Ransomware 3 Juni 2024, Siapakah Mereka?

"Kita sudah mencoba di spesimen kita dan memang berhasil dibuka. Tapi kita belum tahu karena kan yang dikunci banyak," tambah dia.

PDNS 2 di Surabaya mengalami serangan siber dalam bentuk ransomware bernama Brain Cipher, varian terbaru dari Lockbit 3.0.

Serangan siber tersebut melumpuhkan banyak layanan publik, termasuk layanan keimigrasian pada Kamis (20/6). Secara bertahap, layanan publik mulai pulih setelah serangan siber itu diidentifikasi oleh pemerintah melalui kolaborasi antar lembaga terkait.

Menurut Safenet, sedikitnya 282 instansi pemerintah pengguna PDNS terdampak oleh serangan siber tersebut.

Pemerintah menargetkan pemulihan penuh atas serangan siber PDNS 2 di Surabaya selesai pada bulan ini.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat