visitaaponce.com

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Berbagi 2.023 Takjil Ramadan

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Berbagi 2.023 Takjil Ramadan
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) melakukan aksi Berbagi 2.023 Takjil serentak di seluruh Indonesia.(PSMTI)

DALAM memeriahkan Bulan Suci Ramadan 1444 H, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) giat melakukan beberapa aksi sosial, salah satunya Berbagi 2.023 Takjil secara serentak di seluruh Indonesia selama empat hari, mulai 30 Maret 2023.

Di Kota Jakarta, aksi berbagi takjil gratis dilaksanakan kepada masyarakat lingkungan sekitar, khususnya pada pengguna jalan, tepatnya di Jalan Prepedan, dekat RS Ciputra Hospital, Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis, 30 Maret 2023.

PSMTI menyiapkan 500 pax takjil berupa makanan dan minuman tradisional sehari-hari, seperti lontong, lumpia, kolak dan lain-lain. Dengan total keseluruhan takjil sebanyak 2.023 kantong yang diberikan selama empat hari.

Baca juga : Ketum PSMTI Dorong Penguatan Sinergi dengan Pemerintah Daerah

Wakil Ketua Umum (WKU) PSMTI Departemen Sosial dan Lingkungan Hidup Oey Lusiana mengatakan kegiatan berbagi takjil ini merupakan program rutin yang dilaksanakan PSMTI di bulan suci Ramadan. Menurut Lusi Oey, bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Maka sudah sepatutnya, sebagai sesama manusia kita harus saling tolong-menolong untuk memberikan manfaat lewat berbagi.

"Bagi-bagi Takjil ini merupakan program rutin PSMTI selama di bulan Suci Ramadan. Karena berbagi merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang kita miliki," ucap perempuan yang akrab disapa Lusi Oey itu dalam rilis yang diterima Media Indonesia.

Baca juga : Baznas Salurkan 12.500 Paket Ramadan Bahagia untuk Mustahik Selama Ramadan

Oey Lusiana mengatakan, aksi berbagi takjil merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama manusia.  Dalam hal pemilihan menu buka puasa, PSMTI menekankan agar tidak membagikan makanan-makanan impor, sesuai arahan dari  Presiden RI Joko Widodo agar kita selalu mendahulukan produk dalam negeri.

Di bawah kepemimpinan Wilianto Tanta sebagai Ketua Umum, kata Lusi Oey, PSMTI gencar dalam melakukan kegiatan-kegiatan sosial bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat kecil yang membutuhkan. Salah satunya diwujudkan lewat aksi berbagi takjil ini oleh Departemen Sosial dan Lingkungan Hidup PSMTI.

Kegiatan berbagi Takjil PSMTI ini dilakukan selama empat hari, pukul 17.00 WIB, hingga Rabu, 5 April 2023. Pada Sabtu, 1 April 2023, pembagian takjil akan dilakukan di Jalan Raya Menceng.

Selanjutnya, aksi berbagi takjil dilakukan pada Senin, 3 April 2023 dengan mengambil tempat di Patung Kuda Citra 6 dan Rabu, 5 April 2023 di Bundaran Taman Surya.

PIC Takjil kali ini diketuai oleh  Preasly Muljono sebagai Wakadept 5 di Departemen Sosial dan Lingkungan hidup.

Berdayakan Pedagang UMKM

Berbeda dengan berbagi takjil PSMTI sebelumnya, kali ini PSMTI memberdayakan para pedagang ibu-ibu Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) di empat lokasi pembagian dan petugas keamanan lingkungan pun turut membantu kegiatan tersebut.

"Dengan memberdayakan UMKM, khususnya pada hari pertama pembagian Takjil di Kader Dasawisma 015 Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, diharapkan dapat membantu meningkatkan perputaran roda perekonomian di kalangan masyarakat kecil dan dapat mengurangi sedikit beban dari masyarakat yang membutuhkan dalam menunaikan ibadah puasa," tutup Lusi Oey.

Diketahui, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) yang berskala nasional,  saat ini sudah tersebar di 31 provinsi serta 300 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. (RO/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat