visitaaponce.com

Awal Penyebaran Islam di Tanah Pasundan

Awal Penyebaran Islam di Tanah Pasundan
Makam Syeikh Sunan Rohmat Suci di Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.(Dok. Youtube)

RADEN Kian Santang menjadi salah satu tokoh yang dipercaya memiliki pengaruh besar dalam perkembangan Islam, khususnya di tanah Pasundan. Bahkan, di Godog, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terdapat makam dari anak Prabu Siliwangi tersebut beserta beragam peninggalannya.

Dalam studi yang ditulis Peneliti Unikom Bandung Desy Qonita Irmawati, Kian Santang dipercaya sebagai sosok yang sangat sakti di kalangan masyarakat pada masanya.

Namun, kesaktiannya ini membuatnya gelisah dan ingin menemukan lawan sepadan. Saat itu, dia diberitahukan bahwa jika ingin menemui sosok tersebut, dia bisa mengunjungi Tanah Mekah dan menemui sesorang bernama Ali.

Singkat cerita, Kian Santang berhasil menemui Ali dan di sana dia ditantang untuk mencabut tongkat milik Ali yang tertancap di tanah. Kian Santang tak mampu melakukannya, bahkan saat itu terjadi fenomena keluarnya banyak darah dari tubuh Kian Santang.

Setelah mengalami kejadian ini, Kian Santang berguru kepada Ali dan memutuskan untuk menjadi seorang muslim. "Ali yang dikisahkan pada cerita ini dipercayai ialah Syaidina Ali bin Abi Thalib," tutur Desy.

Sepulangnya dari Mekah, Kian Santang berniat mengajak Prabu Siliwangi memeluk Islam. Sayangnya, hal itu ditolak ayahnya.

Dia kemudian memulai penyebaran Islam di daerah-daerah kecil pedalaman tanah Pasundan. Limbangan ialah tempat penyebaran pertama di wilayah Priangan tatar Sunda.

Pada waktu itu, selain di daerah Godog Garut, penyebaran agama Islam juga sebagian kecil terjadi dengan proses perdagangan para pedagang Arab dan India di daerah pantai bagian utara.

Nama Prabu Kian Santang berganti menjadi Syekh Sunan Rochmat Suci. Awalnya, dia mulai mengislamkan raja lokal seperti Raja Galuh Pakuwon di Limbangan (Sunan Pancer). Dia juga mengislamkan petinggi kerajaan dan raja lokal lain seperti Santowan Suci Mareja, Sunan Sirapuji, dan Sunan Batuwangi yang kini berada di Kecamatan Singajaya. Ajaran Islam kemudian menyebar di seluruh tanah Priangan melalui raja-raja lokal.

Kemudian, setelahnya ajaran Islam disebarkan generasi ke generasi, generasi selanjutnya ialah para sufi seperti Jafar Sidiq, Fatah Rahmatullah, Abdul Muhyi, dan ulama dari Cirebon dan Mataram, yaitu dari Cangkuang Arif Muhammad dan dari Sumedang Pangeran Santri. Setelah itu, penyebaran agama Islam berkembang semakin meluas. (Des/H-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat