visitaaponce.com

BI Siapkan Penukaran Uang Receh Total Rp4,1 Triliun di Solo Raya

BI Siapkan Penukaran Uang Receh Total Rp4,1 Triliun di Solo Raya
Kepala BI Solo bersama segenap Forkompimda menunjukkan lima pecahan uang emisi baru yang disediakan dalam layanan penukaran menyambut Ramads(MI/Widjajadi)

BANK Indonesia (BI) perwakilan Solo menyediakan dana Rp4,1 triliun untuk layanan penukaran uang kepada masyarakat di Solo Raya dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri tahun 2023/1444 H. Ada 154 titik layanan penukaran uang pecahan emisi baru yang tersebar di 124 kantor bank, 15 BPR, 3 Kantor Pos Indonesia dan 22 Kantor Pegadaian se Solo Raya.

"Kami berharap, masyarakat bisa memanfaatkan sebaik baiknya layanan penukaran ini. Dijamin tidak ada uang palsu, semua asli. Jadi sebaiknya jangan di luar yang resmi, sebab jelas ada jasanya. Kan sayang, jasa itu bisa dipergunakan sebagai sedekah," tukas Kepala BI Solo, Nugroho Joko Prastowo menjawab Media Indonesia usai kick off layanan penukaran yang dipusatkan di plaza Pasar Klewer, Selasa (21/3).

Walikota Gibran Rakabuming yang hadir dalam acara tersebut, berkesempatan menukarkan uang Rp3,8 juta dengan lima pecahan uang emisi baru, yang terdiri pecahan Rp1000, Rp2000, Rp5000, Rp10.000, dan Rp20.000

Baca juga : BI Siapkan Rp4,9 T untuk Penukaran Ramadan 2022 Bagi warga Solo Raya

"Berapa pun Bank Indonesia Solo telah menyiapkan kebutuhan uang tunai bagi masyarakat Solo Raya baik dari segi kualitas uang yang baik, serta jumlah dan jenis pecahan yang cukup dan sesuai," imbuh Joko Prastowo.

Dia katakan, bahwa layanan penukaran uang yang disediakan BI dalam menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN ) itu, jika kurang akan dimintakan tambahan ke BI Jawa Tengah di Semarang, maupun pusat.

Perkiraan, kebutuhan uang kartal masyarakat pada periode bulan Ramadan dan Idul Fitri Tahun 2023/1444 H mencapai Rp6 triliun, atau meningkat 7% dibandingkan dengan realisasi pemenuhan uang di periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp5,6 triliun.

Baca juga : BI Siapkan Peredaran Uang Sekitar Rp197,6 Triliun untuk Ramadan

Yang jelas, lanjut dia, bulan Ramadhan memang merupakan momentum penting yang ditunggu masyarakat untuk menebar semangat berbagi antar sesama dan ajang silaturahmi, salah satunya melalui kegiatan mudik yang berdampak positif bagi perekonomian daerah.

Sebagai bagian yang khas dari tradisi mudik ini, masyarakat sering mempersiapkan salam tempel atau fitrah kepada sanak keluarga. "Karena itu dengan adanya layanan penukaran, mohon bisa dimanfaatkan dengan baik. Sebaiknya jangan menukar yang ada di jalanan. Berapa pun kebutuhan, BI akan menyediakan," tegas dia lagi.

Wali Kota Solo Gibran turut memberikan himbauan kepada masyarakat luas, agar memanfaatkan layanan penukaran itu dengan maksimal. "Ojo ning njobo. Jelas yang disediakan BI di 154 layanan penukaran, dijamin sangat aman dan tidak ada uang jasa," ucao wali kota milenial itu.

Selain itu, Gibran bersama Forkopimda menyerukan ajakan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah lewat layanan penukaran uang pecahan emisi baru itu.Layanan penukaran dilaksanakan secara serentak setiap hari Selasa dan Kamis,mukai 21 Maret hingga 20 April 2023. (N-3)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat