visitaaponce.com

BI Siapkan Peredaran Uang Sekitar Rp197,6 Triliun untuk Ramadan

BI Siapkan Peredaran Uang Sekitar Rp197,6 Triliun untuk Ramadan
Ilustrasi realisasi peredaran uang(MI/Ramdani)

DEPUTI Gubernur Bank Indonesia Doni P. Joewono menyampaikan realisasi peredaran uang di masyarakat pada periode Pemilu 1-14 Februari ternyata di bawah proyeksi.

"Kami memperkirakan peredaran uang pada periode tersebut sekitar Rp68 triliun, tapi realisasinya Rp67,14 triliun," kata Doni pada Pengumuman Hasil RDG BI Bulanan Bulan Februari, Rabu (21/2).

Kemudian untuk program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024, Bank Indonesia sudah menyiapkan sekitar Rp 197,6 triliun.

Baca juga : BRI Kerahkan 391 Kantor Cabang untuk Penukaran Uang

"Karena ini sudah tinggal 2 minggu lagi. Kami front loading nanti, menyiapkan Rp 197,6 triliun atau naik dari tahun lalu 4,65 persen atau sekitar Rp 189 triliun di tahun lalu," kata Doni.

Tentu peredaran uang di periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) ini sudah memperhitungkan berdasarkan pertumbuhan ekonomi, akseptasi digital.

"Artinya persentasenya sudah kami pertimbangkan dengan non tunai. Akhirnya kami pertimbangkan untuk menaikkan uang beredar sekitar 4,65 persen," kata Doni.

Tentu, yang BI agak agresif, nantinya penukaran uang akan mencapai di 4.674 titik. BI juga menambahkan tambahan 449 titik penukaran uang di rest area tol, stasiun, dan bandara.

"Jadi memungkinkan orang sambil mudik, di rest area, pelabuhan, stasiun, bandara, kami tambah titik penukaran uangnya," kata Doni. (Try/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat