visitaaponce.com

Ibu Hamil Diperbolehkan Berpuasa dengan Ketentuan Khusus, Apa Saja

Ibu Hamil Diperbolehkan Berpuasa dengan Ketentuan Khusus, Apa Saja?
Ibu hamil yang menjalani puasa harus memperhatikan asupan(Freepik)

SEORANG praktisi Kesehatan Masyarakat Ngabila Salama menyetujui keputusan ibu hamil untuk menjalani puasa selama Ramadan. Asalkan memperhatikan sejumlah ketentuan tertentu guna menjaga kesehatan ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan.

Ngabila menyatakan bahwa ibu hamil diperbolehkan berpuasa pada semua trimester kehamilan, asalkan tidak muncul gejala yang signifikan. Pernyataan ini disampaikan oleh Ngabila, yang juga menjabat sebagai staf di bidang Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Selain itu, Ngabila menegaskan bahwa pertumbuhan janin yang normal harus menjadi pertimbangan utama selama menjalankan ibadah puasa. Ia menyarankan agar ibu hamil tetap memperhatikan asupan gizi, termasuk mineral, vitamin, dan kecukupan air selama bulan puasa.

Baca juga : Ibu Hamil yang Berpuasa Diingatkan tidak banyak Konsumsi Makanan Manis

"Konsumsilah makanan yang seimbang dengan tambahan vitamin dan mineral yang cukup, dan pastikan untuk memenuhi kebutuhan minum dengan mengonsumsi 2,5 - 3 liter air per hari (setara dengan 10-12 gelas per hari)," ujarnya.

Konsultasi dengan dokter yang melakukan pemeriksaan adalah kewajiban bagi ibu hamil yang berencana menjalani puasa. Ngabila menekankan pentingnya berkonsultasi terlebih dahulu kepada bidan atau dokter yang melakukan pemeriksaan sebelum memutuskan untuk berpuasa selama Ramadan.

Lebih lanjut, bagi ibu yang sedang menyusui, Ngabila menyarankan untuk menunda puasa, terutama bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan.

Baca juga : Pelajar di Jakbar Dilarang Ikut SOTR

"Sebaiknya ditunda apabila sedang memberikan ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan," ungkap Ngabila.

Namun, untuk ibu yang memberikan ASI pada bayi di atas usia tersebut, puasa masih diperbolehkan dengan memastikan asupan gizi ibu yang menyusui tetap seimbang.

"Dibantu dengan vitamin, mineral, dan air putih minimal 3 liter per hari (setara dengan 12 gelas), serta pastikan bayi mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI) yang seimbang, bergizi, dan cukup," tambah Ngabila. (Ant/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat