visitaaponce.com

Lebaran 2024, Pemkab Klaten Siapkan 10 Bus Angkutan Mudik Gratis

Lebaran 2024, Pemkab Klaten Siapkan 10 Bus Angkutan Mudik Gratis
Terminal Ir Soekarno, Klaten(MI/Djoko Sardjono)

PEMERINTAH Kabupaten Klaten (Jateng) menyiapkan 10 bus angkutan mudik gratis Lebaran 2024. Namun, kuota mudik gratis terutama dari Jakarta dan sekitarnya itu kini sudah penuh.

Pemkab Klaten, setiap tahunnya, menyiapkan bus angkutan mudik gratis yang diperuntukkan warga Klaten di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) saat Lebaran.

Kesiapan angkutan mudik gratis itu diungkapkan Sekda Klaten Jajang Prihono seusai rapat koordinasi dengan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Pendapa Kabupaten, Senin (25/3).

Baca juga : 27 Ribu Orang Bisa Ikut Program Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta

Menurut Jajang, 10 bus angkutan mudik gratis bagi warga perantauan itu akan diberangkatkan dari Klaten pada 4 April 2024 malam. Kemudian, bus dari Jakarta rencananya berangkat pada 6 April 2024 .

"Kapasitas penumpang bus 48 orang. Sehingga, total penumpang 10 bus angkutan mudik gratis Lebaran itu 480 orang. Namun, kini calon penumpang 10 bus yang disiapkan itu sudah penuh," ujar Jajang.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten Supriyono mengatakan angkutan mudik gratis itu diperuntukkan warga kurang mampu, buruh, dan pekerja informal yang tinggal di Jabodetabek.

Baca juga : Pupuk Sriwijaya Lepas 230 Peserta Mudik Gratis

Pendaftaran calon penumpang mudik gratis saat Lebaran nanti sudah dibuka beberapa waktu lalu oleh Dishub Klaten, bekerja sama dengan Paguyuban Warga Klaten (PWK) yang ada di perantauan.

Supriyono menjelaskan, pemberangkatan bus angkutan mudik gratis Jakarta menuju Terminal Ir Soekarno Klaten nanti direncanakan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Sabtu (6/4).

"Untuk angkutan mudik gratis lebaran 2024, Pemkab Klaten menyiapkan 10 bus. Jumlah armada bus ini meningkat dari lebaran tahun lalu yang hanya delapan unit bus," kata Kepala Dishub Klaten. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat