visitaaponce.com

Pemerintah perlu Antisipasi Jalan Banjir Jelang Mudik

Pemerintah perlu Antisipasi Jalan Banjir Jelang Mudik
Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama meminta pemerintah mengantisipasi ruas-ruas jalan yang tergenang banjir, jelang mudik Lebaran.(Antara)

ANGGOTA Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama meminta pemerintah mengantisipasi ruas-ruas jalan yang tergenang banjir, jelang mudik Lebaran 2024.

Ia mengungkapkan genangan air muncul setinggi 10 sentimeter (cm) di Tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, mulai dari KM 26 dan arah Jakarta di KM 25+100 dan KM 31, pada Jumat (22/3) lalu.

Hal ini disebabkan karena curah hujan yang tinggi selama beberapa hari lalu yang mencapai 200 milimeter (mm).

Baca juga : Komisi V DPR Tinjau Normalisasi Danau Jaras di Kabupaten Kapuas Hulu

"Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) perlu melakukan kajian hidrologi di seluruh jalan yang rawan banjir, khususnya bagian dari jalur utama mudik," ujar Suryadi dalam keterangan resmi, Sabtu (30/3).

Legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga berpandangan dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1445 H, pemerintah perlu melakukan evaluasi bersama untuk menentukan langkah pencegahan guna mengantisipasi terjadinya banjir di jalur-jalur mudik.

"Apalagi saat ini sering terjadi cuaca ekstrem dan tidak menentu," lanjutnya.

Baca juga : Komisi V Apresiasi Kesiapan Infrastruktur Jalan Nasional Capai 98 Persen Jelang Lebaran

Diberitakan Media Indonesia, pada Selasa, 26 Maret 2024, terpantau banjir melanda sejumlah daerah di Pantura Jawa Tengah seperti Pekalongan, Kendal, Semarang, Demak, Kudus, Pati dan Grobogan. Meski banjir sudah surut, pemudik tetap diminta waspada karena jalur Pantura di beberapa daerah masih rawan bencana hidrometeorologi tersebut.

Suryadi menambahkan pemerintah juga perlu mempersiapkan sistem pengalihan arus lalu lintas yang tepat agar tidak menimbulkan kemacetan baru dengan berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk pemerintah daerah (pemda).

"Langkah tersebut agar dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik selama perjalanan pulang ke kampung halaman," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat