visitaaponce.com

Protes PSSI soal Laga Vietnam dan Thailand U-19 Dimentahkan AFF

Protes PSSI soal Laga Vietnam dan Thailand U-19 Dimentahkan AFF
Pertandingan Vietnam U-19 melawan Thailand U-19(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

FEDERASI Sepakbola Asia Tenggara (AFF) akhirnya menjawab surat protes PSSI terkait kontroversi pertandingan Vietnam melawan Thailand pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Madya, Jakarta, 10 Juli lalu.

AFF menyatakan tak menemukan adanya pelanggaran. PSSI melalui keterangan resmi, Sabtu (30/7), pun menyatakan menerima hasil temuan AFF. PPSI menyampaikan tak ada lagi masalah terkait hal tersebut karena sudah menjadi keputusan AFF.

"Kami berterima kasih kepada AFF karena sudah merespons surat resmi dari PSSI. Setelah adanya surat resmi dari AFF itu, kami (PSSI) menerima keputusan itu," kata manajer timnas Endri Erawan.

PSSI sebelumnya menilai laga antara Vietnam dan Thailand yang berakhir imbang 1-1 itu dinilai tidak berjalan sesuai fairplay. Setelah menit ke-80, kedua tim lebih banyak bermain di area pertahanan sendiri dan dianggap ogah-ogahan melakukan serangan.

Baca juga: Persikabo 1973 Datangkan Dua Pemain Asing 

Hasil laga itu kemudian berimbas tak lolosnya timnas Indonesia ke semifinal karena kalah head-to-head.

Setelah PSSI melayangkan surat, AFF menunjuk pihak ketiga Sports Radar untuk mendalami dugaan indikasi kecurangan dalam pertandingan tersebut. AFF juga menghadirkan ahli untuk analisa teknis memberikan masukan dan mempelajari laporan dari pengawas dan perangkat pertandingan.

AFF juga meminta masukan dari Ketua Komite Hukum AFF yang juga merupakan Ketua Komite Disiplin AFC. Dari hasil penyelidikan, disimpulkan tidak ada peraturan yang dilanggar.

"Pada dasarnya surat itu (PSSI) hanya ingin mempertanyakan apakah laga itu berjalan fairplay atau tidak. Kini semua sudah jelas dan tidak ada masalah lagi," imbuh Endri. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat