visitaaponce.com

Pemain Muda Dominasi Timnas AS di Piala Dunia 2022

Pemain Muda Dominasi Timnas AS di Piala Dunia 2022
Timnas Amerika Serikat(AFP/ROGELIO FIGUEROA )

TIMNAS Amerika Serikat kembali berlaga di ajang Piala Dunia 2022 yang bakal digelar di Qatar pada musim dingin nanti. Amerika Serikat menjadi salah satu wakil dari CONCACAF di turnamen sepak bola terakbar sejagad ini.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, Amerika Serikat 10 kali lolos ke putaran final piala dunia. Adapun prestasi terbaik AS adalah juara tiga di Piala Dunia 1930

Amerika kembali ke Piala Dunia setelah gagal lolos pada edisi 2018. The Stars & Stripes --julukan tim Amerika-- ini menjadi tim termuda di antara 32 negara. Usia rata-rata tim Amerika Serikat dalam kualifikasi adalah 23,82 tahun. Ghana menjadi kontestan termuda kedua dengan rata-rata pemain berusia 25,67 tahun.

Skuad yang disebut generasi emas paling berbakat namun tidak konsisten dan tidak terbukti. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONCACAF, Amerika Serikat juga hampir tidak lolos karena menempati posisi ketiga. Penampilan inkonsisten ini yang harus diubah jelang terbang ke Qatar.

"Saya benar-benar khawatir. Tidak ada dalam dua pertandingan persahabatan terakhir yang membangun kepercayaan diri. Kami masih melihat pemain kunci berjuang dengan waktu permainan di klub. Kami juga melihat pemain kunci pulih dari cedera. Tidak ada persiapan yang seharusnya memberi Anda banyak kepercayaan diri," kata mantan kiper Amerika Serikat Kasey Keller.

Baca juga: Timnas Iran Bertekad Catat Sejarah di Piala Dunia Qatar

Meskipun diisi oleh banyak pemain muda dan bahkan baru mengikuti turnamen akbar di sepak bola, Pelatih Amerika Serikat Gregg Berhalter yakin dengan skuad mudanya.

"Jika kami lolos pada 2026 dan kami memiliki tim yang sama, kami masih lebih muda dari tim yang tidak lolos pada 2018. Ya, begitulah mudanya tim ini,” kata pelatih berusia 49 tahun itu.

Amerika Serikat akan membuka laga di Grup B melawan Wales pada 21 November, kemudian melawan Inggris pada 25 November dan terakhir melawan Iran pada 29 November.

Inggris dan Wales diyakini akan menjadi ujian berat bagi Amerika Serikat. Namun jika tim asuhan Gregg Berhalter bisa mengatasi kedua tim itu, peluang lolos cukup terbuka.

Mantan pemain depan Amerika Serikat Landon Donovan menilai untuk mendapatkan hasil yang baik, kuncinya saat melawan Wales di laga pertama.

“Jika berjalan dengan baik lebih awal, kami bisa menjadi tim yang sangat berbahaya di turnamen ini. Jika tidak, saya bisa melihatnya tidak berjalan dengan baik sama sekali. Saya tidak melihat terlalu banyak jalan tengah hanya karena tim muda yang tidak berpengalaman memiliki kecenderungan untuk menjadi sangat, sangat tinggi dan sangat bagus atau sangat rendah," kata Donovan.

Meskipun secara materi pemain Amerika Serikat lebih unggul dibanding Wales dan Iran, tetapi kematangan bakal menjadi masalah utama. Pasalnya, pemain-pemain andalan skuad AS, seperti Serginho Dest (AC Milan) dan Christian Pulisic (Chelsea), masih tampil inkonsisten bersama timnya.

“Jelas bukan hasil yang kami harapkan untuk masuk ke Piala Dunia,” kata gelandang Amerika Serikat Christian Pulisic. (BBC/OL-5)

Profil Timnas Amerika Serikat 

Nama Asosiasi: USSF

Konfederasi: Concacaf

Julukan: The Stars & Stripes

Pelatih: Gregg Berhalter

Penampilan di Piala Dunia: 11 kali

Prestasi terbaik: Semifinal (1930)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat