visitaaponce.com

Mahfud MD KLB PSSI Sesuai dengan Rekomendasi TGIPF

Mahfud MD: KLB PSSI Sesuai dengan Rekomendasi TGIPF
Menko Polhukam Mahfud MD saat memberikan keterangan pers.(Antara)

KETUA Tim Gabungan Investigasi Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan Mahfud MD menyatakan bahwa Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah sesuai dengan rekomendasi TGIPF.

"Sudah sesuai memang, sangat persis memang begitu agar mempercepat Kongres Luar Biasa," ujar Mahfud dalam kunjungan kerja di Jawa Timur, Sabtu (29/10).

Menurutnya, semua rekomendasi TGIPF sudah dilaksanakan Presiden Joko Widodo. Mulai dari perbaikan tata tertib, keamanan, hingga renovasi seluruh stadion.

Baca juga: Polisi Konfirmasi Kemungkinan Tersangka Baru dalam Tragedi Kanjuruhan

"Sudah jalan semua rekomendasi TGIPF," imbuhnya yang juga menjabat Menko Polhukam.

Pihaknya memiliki banyak rekomendasi terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang dan tidak akan mencampuri urusan PSSI. Namun, pihaknya mengingatkan bahwa PSSI punya tanggung jawab hukum dan moral atas tragedi tersebut.

"Untuk tanggung jawab hukum, semua unsur pidana tengah digali. Sedangkan tanggung jawab moralnya kalau punya hati, ya mundur, itu saja. Namun, tanggung jawab moral tidak bisa dipaksakan," cetus Mahfud.

Baca juga: Soal Kelanjutan Liga 1, PSSI Tunggu Lampu Hijau dari Pemerintah

Adapun PSSI memutuskan untuk mempercepat pelaksanaan KLB, setelah menggelar rapat darurat Exco di Kantor PSSI, Jakarta, pada Jumat (28/10) kemarin.

"Tahapan KLB akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA, yang berisi usulan kongres," ungkap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Lebih lanjut, dia menjelaskan alasan PSSI untuk mempercepat KLB yang normalnya pada November 2023, yakni mencegah perpecahan di kalangan anggota.(Ant/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat