visitaaponce.com

Tekuk Shakhtar, Leipzig Melaju ke 16 Besar Liga Champions

Tekuk Shakhtar, Leipzig Melaju ke 16 Besar Liga Champions
Para pemain RB Leipzig melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Shkahtar Donetsk di laga Liga Champions.(AFP/JANEK SKARZYNSKI )

RB Leipzig menang telak 4-0 atas Shakhtar Donetsk untuk melaju ke babak 16 besar Liga Champions, Kamis (3/11) dini hari WIB.

Leipzig mencetak tiga gol cepat di babak kedua laga di Warsawa untuk mengamankan posisi kedua di Grup F, di belakang Real Madrid, dan memupus harapan lawannya, klub Ukraina, untuk melaju ke babak sistem gugur.

"Saya sangat bangga dengan penampilan kami. Kami tidak mengawali kampanye Liga Champions musim ini dengan baik namun kami tampil solid pada hari ini dan puas bisa melaju ke babak 16 besar," ujar penyerang Emil Forsberg.

Baca juga: Hajar Celtic, Real Madrid Kunci Posisi Juara Grup

Namun, keberhasilan Leipzig melaju ke babak 16 besar Liga Champions harus dibayar mahal setelah striker Timo Werner harus digantikan di awal laga karena cedera, yang mengancam harapannya untuk tampil di Piala Dunia 2022.

Mantan penyerang Chelsea itu digantikan oleh Forsberg karena mengalami cedera pergelangan kaki usai bertabrakan dengan kapten Shakhtar Taras Stepanenko.

Leipzig sudah unggul saat babak pertama baru berlangsung 10 menit ketika Christopher Nkunku menyambar bola muntah setelah Werner memaksa Anatoliy Trubin melakukan penyelamatan.

Setelah gol itu, tidak ada lagi gol yang tercipta di babak pertama. Namun, harapan Shakhtar untuk bangkit semakin berat ketika Andre Silva mencetak gol kedua Leipzig pada menit 50.

Beberapa menit kemudian, Shakhtar menyangka mendapatkan hadiah penalti ketika Lassina Traore dilanggar di kotak terlarang namun VAR memutuskan pemain Burkina Faso itu telah berada dalam posisi offside.

Dominik Szoboszlai kemudian mencetak gol ketiga Leipzig pada menit 60 sebelum Dani Olmo, yang masuk sebagai pemain pengganti, memastikan klub Bundesliga itu menang 4-0 pada menit 68.

Pemain Spanyol itu menjebol gawang Shakhtar beberapa menit setelah dimasukkan meski kemudian gol itu dinyatakan sebagai gol bunuh diri karena mengenai pemain Shkahtar Valeriy Bondar.

Kemenangan ini mengantarkan Leipzig menyusul tiga klub Bundesliga lainnya, Bayern Muenchen, Borussia Dortmund, dan Eintracht Frankfurt melaju ke babak 16 besar Liga Champions.

Adapun Shakhtar akan berlaga di Liga Europa setelah menduduki peringkat ketiga Grup F. (AFP/OL-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat