visitaaponce.com

Performa Skuad Garuda Belum Memuaskan

Performa Skuad Garuda Belum Memuaskan
Pencetak gol ke gawang Kamboja, Witan Sulaeman(Dok PSSI)

INDONESIA membuka laga perdana di Piala AFF 2022 dengan kemenangan atas Kamboja 2-1 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama GBK, Jakarta, Jumat (23/12). Meski menang, performa skuad Garuda diakui belum memuaskan.

Kemenangan pada laga pembuka menjadi modal penting. Namun, pelatih Shin Tae-yong terang-terangan tak puas lantaran banyak peluang bagus yang terbuang. Tercatat dari tujuh sepakan mengarah ke gawang hanya dua yang berbuah gol.

"Saya berterima kasih (kepada pemain) karena bisa mendapatkan kemenangan tetapi saya marah dan juga kesal karena kita tidak bisa menunjukkan permainan yang seru untuk para pendukung. Memang seharusnya kita lebih banyak cetak gol tetapi kenyataannya tidak begitu," kata Shin Tae-yong seusai laga.

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai secara keseluruhan performa pemain belum optimal. Pasalnya, timnas tak menggelar laga uji coba jelang turnamen. Ditambah lagi, kondisi fisik para pemain yang tampil di Liga 1 tak prima karena kompetisi sempat berhenti sekitar dua bulan.

Beberapa pemain yang merumput di luar negeri juga disinggung Shin Tae-yong jarang mendapat kesempatan bermain di klubnya. Sebab itu, dia berharap ada peningkatan di laga berikutnya melawan Brunei Darussalam, Senin (26/12).

"Di ruang ganti anak-anak pastinya senang bisa menang karena kita tahu pertandingan pertama selalu sulit. Kita kesal juga banyak peluang yang kita sia-siakan dan itu jadi koreksi bagi kita," kata Egy Maulana Vikri.

Di babak pertama, Indonesia mampu menciptakan gol cepat ketika laga baru berusia tujuh menit. Egy melesakkan bola ke gawang Kamboja memanfaatkan umpan Pratama Arhan. Kamboja tak tinggal diam dan mencuri gol penyeimbang di menit ke-15 melalui tandukan Saret Krya.

Skuad Garuda kembali unggul melalui Witan Sulaeman di menit ke-35 melalui skema serangan balik cepat memanfaatkan umpan Marselino Ferdinan.

Di awal babak kedua, kombinasi lini serang berbeda dilakukan Shin Tae-yong dengan memasukkan Saddil Ramdani dan Ilija Spasojevic menggantikan Egy dan Muhammad Rafli. Hanya saja, sejumlah peluang bagus masih gagal berbuah gol dan skor bertahan hingga peluit panjang.

Performa Spasojevic diakui Shin Tae-yong belum maksimal. Sementara itu, penampilan Jordi Amat yang melakoni debut dinilai cukup memuaskan.

"Spaso (Spasojevic) sudah lama tidak bertanding. Memang ada kekurangan juga tetapi akan menjadi lebih baik nantinya apalagi Spaso merupakan pencetak gol terbanyak di liga (Liga 1)," ujar Shin Tae-yong.

Laga di GBK itu untuk pertama kalinya lagi pertandingan dihadiri langsung penonton secara terbatas setelah Tragedi Kanjuruhan. Sekitar 25 ribu penonton memadati tribun dan Presiden Joko Widodo juga turut hadir.

Pesan dari para suporter mendesak pengusutan tuntas Tragedi Kanjuruhan menggaung sepanjang laga. Mereka membentangkan spanduk di antaranya bertuliskan "Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan" dan "Mereka Bukan Meninggal tapi Dibunuh". (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat