visitaaponce.com

Shin Optimistis Hubner Masih Berniat Perkuat Timnas Indonesia

Shin Optimistis Hubner Masih Berniat Perkuat Timnas Indonesia
Justin Hubner(Instagram @justinhubner5)

PELATIH timnas Indonesia Shin Tae Yong yakin Justin Hubner, pada saatnya, akan memperkuat tim Garuda meski, saat ini, pemain tersebut masih berkewarganegaraan Belanda.

Polemik soal pemain Wolverhampton Wanderers U-21 itu menjadi perhatian banyak pihak di Tanah Air. Terutama karena pemain berusia 19 tahun itu diketahui turut dipanggil untuk memperkuat timnas Belanda U-20 yang akan menghadapi Prancis U-20 pada pertandingan persahabatan, 25 Maret mendatang.

Kendati demikian, Shin masih yakin Hubner pada akhirnya akan memperkuat timnas Indonesia.

Baca juga: DPR Setujui Naturalisasi 3 Pemain Timnas Sepakbola dan 1 Pemain Basket

"Ini memang bisa terjadi masalah seperti ini karena proses naturalisasinya kurang cepat ya. Tetapi saya memang langsung telpon juga dengan Justin, dua hari yang lalu, dan dia masih niat ya dan dia mau menjadi Warga Negara Indonesia," kata Shin, di sela-sela memimpin latihan timnas senior dan timnas U-20 di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (20/3).

"Jadi, walaupun dipanggil dari timnas Belanda ya tidak masalah. Yang penting kita akan tetap proses, melanjutkan proses naturalisasi. Dan saya percaya dia pasti akan datang ke timnas," tambah pria asal Korea Selatan tersebut.

Hubner, bersama Ivan Jenner dan Rafael Struick semakin dekat berstatus warga negara Indonesia (WNI) dan dapat membela timnas, setelah Komisi III dan Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan kepada tiga pemain muda tersebut, Senin (20/3).

Baca juga: PSSI: Justin Hubner Masuk Timnas Belanda, Tapi Pilih Bela Timnas Indonesia

Meski begitu, pelatih Shin masih belum dapat menjanjikan kapan ketiga pemain itu akan dapat bergabung dengan rekan-rekannya pada pemusatan latihan timnas U-20, yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Piala Dunia U-20, Mei mendatang.

"Jujur, saya juga tidak bisa menjanjikan kapan mereka bisa bergabung ke timnas Indonesia. Memang kita akan berangkat TC (training camp) ke Korea Selatan pada 2 April. Ketika kita pergi ke sana, saya sedang mempersiapkan agar Rafael, Ivan, dan Justin bisa bergabung ke timnas," kata Shin.

Satu pemain muda lainnya yang juga belum dapat bergabung dengan skuat Garuda Muda adalah Marselino Ferdinan, yang masih membela klub divisi dua Belgia KMSK Deinze. 

Untuk Marselino, pelatih Shin menyatakan dirinya tetap menjalin komunikasi intens dengan pihak klub tersebut.

"Saya sudah video call juga sebelum berangkat ke Uzbekistan dengan PIC (<em>Person In Charge</em>)-nya tim Marselino. Jadi dari mereka maunya Marselino tetap tinggal di Belgia biar bisa adaptasi di timnya. Jadi minta jangan dipanggil dulu. Dan saya berjanji tidak akan panggil sampai match day sekarang. Dan tanggal 8 April akan dilepas Marselino ke
Korea Selatan, sampai selesai Piala Dunia. Itu sudah janji dari klubnya," papar mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia U-20 akan mengikuti Piala Dunia U-20 Mei mendatang. Ketua umum PSSI Erick Thohir telah menargetkan agar Garuda Muda mampu lolos fase grup di ajang prestisius tersebut. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat