visitaaponce.com

7 Fakta Menarik Kemenangan Arsenal dari Chelsea

7 Fakta Menarik Kemenangan Arsenal dari Chelsea
Pesepakbola Arsenal Martin Odegaard bertepuk tangan seusai laga melawan Chelsea, Rabu (3/5).(AFP)

ARSENAL kembali memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris 2022/2023. Itu terjadi setelah The Gunners sukses meraih kemenangan atas Chelsea dengan skor 3-1 pada pekan ke-34, Rabu, 3 Mei 2023.
 
Berkat kemenangan ini, Arsenal naik ke puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 78 poin. Mereka unggul dua poin dari Manchester City yang berada di posisi kedua.
 
Namun, kans City merebut puncak klasemen masih terbuka. Mengingat, mereka baru akan bertanding pada Kamis, 4 Mei 2023. Ketika itu, The Citizens akan menghadapi West Ham United.

Baca juga : Arsenal Menang, Arteta: Perburuan Gelar Masih Terbuka

Terlepas dari itu, sejumlah fakta menarik pun tercipta usai Arsenal berhasil menghantam Chelsea. Berikut ini di antaranya :

1. Debut Kiwior bersama Arsenal

Laga kontra Chelsea pada pekan ke-34 Liga Inggris, dini hari tadi terasa istimewa buat bek Arsenal Jakub Kiwior. Sebab, ini merupakan laga debut bersama The Gunners di Liga Inggris.

Baca juga : The Gunners Butuh Perubahan di Sisa Musim Liga Primer
 
Semakin terasa istimewa karena Kiwior mendapat kesempatan bermain penuh saat melakoni debut. Terakhir kali, pemain Arsenal yang mendapat kesempatan yang serupa, yakni Kostantinos Mavropanos pada musim 2017/2018. Saat itu, ia turun untuk menghadapi Manchester United.
 
Hanya saja, nasib Kiwior lebih baik. Sebab, Kiwior berhasil mengakhiri debutnya dengan kemenangan. Sedangkan Mavropanos harus menuai kekalahan dengan skor 1-2.

2. Odegaard beri 20 gol untuk Arsenal

Gol yang dicetak pada menit ke-18 menambah rapor impresif Martin Odegaard bersama Arsenal. Dengan gol tersebut, pemain asal Norwegia tersebut sudah terlibat 20 gol bersama Arsenal di Liga Inggris musim ini.
 
Sebuah catatan yang istimewa. Sebab, ia menjadi pemain ketiga Arsenal yang sukses terlibat 20 gol di kompetisi tersebut musim ini. Sebelumnya, torehan tersebut dicapai dua pemain Arsenal, Bukayo Saka (24 gol) dan Gabriel Martinelli (20 gol).
 
Ini juga menjadi catatan yang membanggakan buat Arsenal. Sebab, Arsenal menjadi satu-satunya tim memiliki tiga pemain yang terlibat 20 gol dalam semusim.

3. Odegaard kejar rekor Fabregas

Dua gol yang dicetak saat menghadapi Chelsea menambah koleksi gol Odegaard di Liga Inggris musim ini menjadi 14 buah. Dengan torehan tersebut, Odegaard menjadi pemain kedua yang berposisi gelandang dengan koleksi gol terbanyak untuk Arsenal di Liga Inggris dalam semusim.
 
Adapun rekor gol terbanyak masih dipegang oleh mantan gelandang Arsenal Cesc Fabregas. Ia berhasil mengoleksi 15 gol di Liga Inggris pada musim 2009/2010.

4. Chelsea ulang kisah buruk

Chelsea secara mengejutkan tertinggal tiga gol di babak pertama pada laga ini. Ini merupakan yang kedua kalinya The Blues tertinggal tiga gol terlebih dulu di babak pertama dalam Derby London di Liga Inggris.
 
Pertama kali, situasi tersebut dialami Chelsea pada September 2016. Menariknya, mereka juga menghadapi Arsenal di Stadion Emirates saat itu.

5. Catatan hebat Gabriel Jesus

Gol yang dicetak pada menit ke-34 menambah rapor impresif Gabriel Jesus di Liga Inggris. Dengan gol tersebut, ia sudah mencetak gol dalam 55 pertandingan di Liga Inggris. Hebatnya, Gabriel Jesus tidak pernah merasakan kekalahan tiap kali mencetak gol dalam periode tersebut.

6. Arsenal belum terkalahkan

Kemenangan atas Chelsea sekaligus mempertegas dominasi Arsenal dalam seluruh pertandingan Derby London di Liga Inggris musim ini. Dengan hasil ini, Arsenal belum terkalahkan di pertandingan-pertandingan Derby London musim ini.
 
Untuk pertama kalinya dalam 18 musim terakhir, Arsenal tidak kalah di pertandingan Derby London. Arsenal juga menjadi tim pertama yang memenangkan 150 pertandingan Derby London di Liga Inggris.

7. Rapor buruk Lampard

Kekalahan Chelsea dari Arsenal juga melanjutkan rapor buruk Frank Lampard dalam karier kepelatihannya. Total, ia sudah menelan kekalahan dalam 10 pertandingan terakhir bersama tim-tim yang ia tangani di seluruh kompetisi.
 
Empat di antaranya bersama Everton (4 Januari-21 Januari 2023). Sedangkan enam kekalahan lainnya diderita ketika melatih Chelsea (8 April-5 Mei 2023).

Demikian fakta menarik di balik kemenangan Arsenal atas Chelsea. Semoga infomasi ini bermanfaat. (Medcom.id/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat