visitaaponce.com

Menang di Kandang Espanyol, Barcelona Juara La Liga

Menang di Kandang Espanyol, Barcelona Juara La Liga
Para pemain Barcelona melakukan selebrasi usai memastikan diri menjadi juara La Liga berkat kemenangan di kandang Espanyol.(AFP/Lluis GENE)

BARCELONA menjadi juara La Liga untuk pertama kali sejak 2019 usai menghajar Espanyol 4-2, Senin (15/5) dini hari WIB.

Klub Catalan itu menjadi juara La Liga untuk ke-27 kalinya di kandang rival sekota mereka, dengan para pemain Barcelona yang tengah merayakan gelar mereka diusir oleh para pendukung Espanyol.

Robert Lewandowski mencetak dua gol sementara dua gol Barcelona lainnya dicetak Alejandro Balde dan Jules Kounde. Espanyol hanya bisa membalas melalui gol yang dicetak Javi Puado dan Joselu.

Baca juga: Real Madrid Menang Tipis Atas Getafe

Barcelona, yang mengalami periode sulit di dalam di luar lapangan selama beberapa tahun terakhir, berhasil menjadi juara La Liga dengan pelatih Xavi Hernandez memenangkan gelar pertamanya sejak ditunjuk menjadi pelatih Blaugrana pada November 2021.

Awal musim ini, Presiden Joan Laporta dikritik karena masalah keuangan yang melanda Barcelona.

El Barca juga tersingkir dari Liga Champions. Namun, klub Catalan itu berhasil menjadi juara Piala Super Spanyol pada Januari sebelum memastikan gelar La Liga saat kompetisi masih menyisakan empat laga lagi.

Baca juga: Hajar Cadiz, Atletico Naik ke Peringkat Dua Klasemen La Liga

"Rasanya sangat luar biasa. Kami sukses menjalankan tugas kami," ujar Xavi.

"Kerja keras dan pengorbanan selama 10 bulan. Para pendukung layak mendapatkannya. Keberhasilan ini memberi kami stabilitas."

"Kami mengamankan gelar La Liga dengan permainan yang luar biasa," lanjutnya.

Xavi tidak melakukan perubahan pada susunan pemainnya dan skuat utama Barcelona masuk ke lapangan dengan target jelas, menang akan menjadi juara La Liga.

Barcelona pun tampil gemilang, bahkan bisa dibilang terbaik pada musim ini. untuk mengantarkan rival sekota mereka itu menduduki peringkat 19 klasemen, empat poin dari zona aman.

Barcelona membuka keunggulan pada menit 11 lewat aksi Lewandowski, yang mencetak golnya yang ke-20 di La Liga pada musim ini.

Ronald Araujo melepaskan umpan panjang ke bek kiri Balde, yang kemudian melewati bek Espanyol Oscar Gil sebelum melepaskan umpan silang kepada Lewandowski.

Gil kembali dikelabui oleh Balde, yang mencetak gol kedua Barcelona setelah bek kiri itu menerima umpan dari Pedri pada menit 20.

Itu merupakan gol pertama Balde untuk Barcelona yang sukses menggusur Jordi Alba dari posisi utama di Blaugrana.

Tim tamu kemudian mencetak gol ketiga mereka sebelum jeda ketika Raphinha memberikan umpan matang kepada Lewandowski.

Kedatangan penyerang Polandia itu menjadi kunci upaya kebangkitan Barcelona. Meski penampilannya menurun di paruh kedua musim, gol-gol Lewandowski tetap mendongkrak performa Barcelona.

Skor 3-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Kounde mencetak gol keempat Barcelona pada menit 53 memanfaatkan umpan matang Frenkie de Jong.

Selepas gol itu, sejumlah pendukung Espanyol meninggalkan stadion sementara pendukung lainnya menuntut dewan direksi klub untuk mengundurkan diri.

Espanyol akhirnya berhasil menjebol gawnag Barcelona di menit 73 setelah Puado meepaskan lob yang mengecoh Marc-Andre ter Stegen.

Joselu mencetak gol kedua Espanyol di masa injury time namun gol itu hanya sekadar hiburan karena Barcelona dipastikan menang dengan skor 4-2. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat