visitaaponce.com

Diaspora di Kamboja dan Thailand Siap Dukung Langsung Timnas Indonesia di Final SEA Games 2023

Diaspora di Kamboja dan Thailand Siap Dukung Langsung Timnas Indonesia di Final SEA Games 2023
Salah satu wujud dukungan suporter timnas Indonesia dengan membuat kolase bendera Indonesia.(Antara)

Dukungan masyarakat Indonesia terhadap timnas sepak bola di laga final SEA Games 2023 Kamboja melawan Thailand mengalir deras. Bukan hanya dari rakyat Indonesia, tetapi juga para diaspora, khususnya yang berada di Kamboja. para diaspora Indonesia di Kamboja dan Vietnam juga disebut siap hadir untuk mendukung langsung tim garuda muda berjuang meraih kemenangan.

“Saya kebetulan ditugaskan untuk memandu Diaspora yang akan memberikan dukungan pada timnas,” kata Effendi Gazali di Phnom Penh Hotel di mana timnas Indonesia tinggal di Kamboja, Selasa, (16/5).

Pertandingan final tersebut akan digelar Selasa malam pukurl 20.30 waktu Indonesia barat di Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja. Selain Diaspora yang ada di Kamboja, lanjut dia, juga ada Diaspora yang selama ini tinggal di Thailand. Mereka secara khusus datang ke Kamboja untuk mendukung tim asuhan Indra Sjafri itu.

Baca juga: Timnas U-22 akan Berjuang Maksimal di Laga Final SEA Games 2023

“Saya tadi dari Thailand bersama sekitar 20-25 Diaspora. Mereka datang khusus memberikan dukungan pada timnas,” kata pria yang juga pakar komunikasi politik.

Tidak hanya dari Kamboja dan Thailand, banyak juga suporter yang datang langsung dari Indonesia untuk memberikan dukungan pada timnas Garuda Muda yang ingin mengakhiri puasa gelar selama 32 tahun.

“Saya yakin Indonesia menang. 3-0,” kata salah satu suporter dari Indonesia, Topan atau lebih dikenal Cupink Topan itu.

Baca juga: Jangan Kendurkan Mental Garuda Muda

Pantauan di lapangan, suporter Indonesia berada di sisi timur bersebelahan dengan suporter Thailand dan dibatasi dengan tangga yang dijaga sejumlah petugas keamanan.

Tidak ketinggalan suporter Indonesia juga membentangkan bendera raksasa. Begitu juga dengan suporter Thailand yang juga membawa tulisan nama negara yang berjuluk Gajah Putih itu.

Pada laga final itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga memberikan dukungan langsung bersama Pratama Arhan yang pada laga final melawan Thailand absen setelah di semifinal melawan Vietnam terkena kartu merah.

(Ant/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat