visitaaponce.com

PSSI Ingin Tingkatkan Pemasukan untuk Bangun Sepak Bola

PSSI Ingin Tingkatkan Pemasukan untuk Bangun Sepak Bola
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memimpin kongres biasa PSSI(HO Instagram @pssi)

KONGRES Biasa PSSI 2023 menghasilkan kesepakatan untuk pembangunan sepak bola Tanah Air. Pembinaan usia dini, transparansi keuangan, prestasi yang lebih tinggi, dan komitmen program jangka panjang untuk sepak bola Indonesia dicanangkan sebagai tradisi baru yang harus diimplementasikan.

Hal itu disampaikan Ketum PSSI Erick Thohir seusai Kongres Biasa PSSI 2023 di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta, Minggu (28/5).

Dalam kongres, Erick mengingatkan agar cetak biru atau blueprint transformasi sepak bola Indonesia bisa dijalankan hingga ke pengurus-pengurus di daerah. PSSI pun akan mengucurkan Rp300 juta tahun ini untuk setiap asprov demi mendukung blueprint Garuda Mendunia 2045.

Baca juga : Sukses Datangkan Timnas Argentina, Erick Thohir Bikin Indonesia Makin Dipercaya Dunia

"(Blueprint) ini tentu menjadi dogma dan target bagi kita semua dari pusat sampai daerah. Kita akan bikin event-event di daerah agar semua teman-teman asprov menjadi bagian daripada perubahan transformasi," ujar Erick.

Kemudian, komersialisasi dalam membangun sepak bola menjadi penekanan. Erick menyatakan tidak mungkin membangun sepak bola tanpa pendanaan yang cukup.

Baca juga : Siap-Siap Nonton Messi, PSSI Umumkan Penjualan Tiket Indonesia vs Argentina Besok

Sebab itu, PSSI berencana membentuk sebuah PT untuk mengomersialisaskan aset-aset yang ada di tangan federasi. Rencana itu buah dari studi banding ke federasi sepak bola Jepang JFA.

Erick mengungkapkan PSSI ingin mencontoh JFA supaya federasi mendorong pemasukan lebih besar. Sehingga, pembinaan secara menyeluruh di pusat dan daerah bisa dirasakan.

"Waktu kita studi banding ke Jepang pendapatan PSSI Jepang (JFA) itu US$200 juta di mana mayoritas pendapatan dari timnas apakah itu bertanding, hak siar, dan lainnya, tentu dengan prestasi yang baik," ujar Erick.

"Kita ada target pendapatan Rp266 milar tahun ini. Bisa berhasil atau enggak nanti kita audit di akhir tahun," imbuhnya.

Yayasan untuk membantu individu-individu pahlawan sepak bola juga akan dibentuk. Selain itu, transformasi di sisi infrastruktur juga dilakukan penerintah yang berkomitmen merenovasi 22 stadion dengan dana Rp1,9 triliun. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat