visitaaponce.com

UEFA Nyatakan AC Milan, Aston Villa, dan Brighton Bisa Berlaga di Kompetisi Eropa

UEFA Nyatakan AC Milan, Aston Villa, dan Brighton Bisa Berlaga di Kompetisi Eropa
Logo UEFA terlihat di markas besar organisasi itu di Nyon, Swiss.(AFP/Fabrice COFFRINI)

UEFA, Jumat (7/7), menyatakan AC Milan, Aston Villa, dan Brighton and Hove Albion bisa berlaga di kompetisi Eropa musim depan setelah mereka melakukan perubahan agar tidak melanmggar aturan kepemilikan banyak klub.

Pemilik AC Milan, RedBird Capital Partners juga merupakan pemilik klub jawara Cope de France Toulouse, Adapun pemilik Aston Villa juga merupakan pemegang saham di klub Portugal Vitoria Guimaraes.

Pemilik Brighton, Tony Bloom, pada 2018 menjadi pemilik mayoritas saham klub Belgia Union Saint-Gilloise.

Baca juga: Museum Sepak Bola LEGENDS Diresmikan di Madrid, Miliki 600 Koleksi Para Legenda Dunia

UEFA telah menunjuk penyelidik mengenai hubungan antara klub-klub terkait namun kemudian mengaku puas pada fakta tidak ada pihak yang memiliki kendali terhadap lebih dari satu klub yang berpartisipasi di kompetisi Eropa.

"Seiring implementasi perubahan signifikan oleh klub dan investor mereka, CFC First Chamber menerima keikutsertaan klub-klub tersebut di kompetisi Eropa musim 2023/24," ungkap UEFA dalam sebuah pernyataan resmi.

"CFCB menemukan bahwa perubahan signifikan yang diberlakukan membuat klub mematuhi aturan kepemilikan multiklub."

Baca juga: Spanyol Juara UEFA Nations League

"Perubahan tersebut membatasi kemampuan investor mempengaruhi kekuataan pengambilan keputusan di lebih dari satu klub," lanjut UEFA.

Aturan kepemilikan multiklub UEFA bertujuan melindungi integritas pertandingan ketika tim dengan pemilik yang sama berpeluang saling berhadapan di kompetisi yang sama.

AC Milan dijadwalkan berlaga di Liga Champions, Brighton, Union, dan Toulouse akan tampil di Liga Europa sementara Villa dan Vitoria akan memulai kiprah di babak kualifikasi Liga Konferensi UEFA. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat