visitaaponce.com

Indonesia Bertemu Thailand di Semifinal Piala AFF Putri U-19

Indonesia Bertemu Thailand di Semifinal Piala AFF Putri U-19
Garuda Pertiwi bersiap lawan Thailand di Final Piala AFF Putri U-17 2023(Dok. PSSI)

Tim nasional putri Indonesia akan menghadapi Thailand pada babak semifinal Piala AFF Putri U-19 2023 pada Kamis (13/7) di Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City, Palembang.

Garuda Pertiwi menjadi juara Grup A dengan sembilan poin. Sementara, Thailand juara Grup C dengan enam poin, berkat dua kemenangan di grup yang dihuni tiga tim.

"Babak semifinal akan berlangsung tiga hari lagi, Vietnam akan menghadapi Myanmar sementara Indonesia akan melawan Thailand," tulis AFF melalui website resminya, Senin (10/7).

Baca juga: Vietnam Masuk Semifinal AFF U-19 Putri, Bobol Malaysia 6-0

Dalam pertandingan terakhir Grup B hari ini, Vietnam mengalahlan Malaysia 6-0 sementara Thailand mengalahkan Myanmar 1-0 di Grup C.

Dalam regulasi pertandingan mengenai babak semifinal dijelaskan, jika tim urutan kedua terbaik secara keseluruhan berasal dari Grup A atau Grup C, maka Semifinal kedua berasal dari Pemenang Grup A melawan Pemenang dari Grup C. Sedangkan untuk Semifinal pertama, Pemenang Grup B melawan Runner-Up Terbaik Keseluruhan dari Grup A atau C.

Baca juga: Sempurna di Penyisihan Grup AFF U-19, Indonesia Waspadai Calon Lawan di Semifinal

Berdasarkan pengertian tersebut, maka disimpulkan bahwa di Grup A dan C ada dua tim urutan kedua terbaik, yakni Kamboja dan Myanmar. Keduanya mengoleksi 3 poin.

Kamboja memang telah menang dua kali, harusnya dapat poin 6, namun saat menang melawan Timor Leste, yang menghuni peringkat terakhir di Grup A, maka jumlah poin dan golnya tidak dihitung. Jadi yang berhak keluar sebagai runner-up terbaik adalah Myanmar dari Grup C. Bukan Kamboja.

Indonesia dan Thailand adalah semifinalis kedua (juara dari Grup A dan C), sedangkan Vietnam (juara Grup B) dan Myanmar (runner up grup C) adalah semifinalis pertama.

Pelatih timnas putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada, mengungkapkan ada hal-hal yang harus dipertajam untuk persiapan menghadapi Thailand dalam perebutan tiket ke final.

“Pada dasarnya kita siap, lawan tim manapun, namun kita juga harus waspadai permainan bola yang dimainkan oleh Thailand. Kita harus bermain efektif, memperbanyak taktik yang juga harus pemain mainkan,” kata Rudy Eka.

Rudy berharap tim asuhannya bisa tampil maksimal saat berhadapan dengan Thailand. Jika berhasil menembus final, Sheva Imut dan rekan-rekannya bakal berhadapan dengan Vietnam atau Myanmar. Kedua kesebelasan ini akan bertanding lebih dulu, pada Kamis (13/7) pukul 15.30 WIB.

"Semoga kami bisa memberikan yang terbaik dan maksimal, mohon doa dan dukungannya dari masyarakat sepakbola Indonesia, khususnya sepakbola wanita, kami ingin memenangkan kejuaraan ini," ujarnya. (PSSI/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat