visitaaponce.com

Pelatih Timnas Kanada Mundur untuk Tukangi Klub MLS

Pelatih Timnas Kanada Mundur untuk Tukangi Klub MLS
Pelatih timnas Kanada John Herdman(AFP/ Louis Grasse / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

JOHN Herdman mengundurkan diri sebagai pelatih timnas Kanada dan akan menjadi pelatih kepala klub MLS, Toronto FC. Hal itu diumumkan Canada Soccer, Senin (28/8).

Pelatih Inggris berusia 48 tahun itu mengantarkan Kanada berlaga di Piala Dunia 2022, penampilan pertama negara itu di pesta sepak bola terbesar dunia itu dalam tempo 36 tahun.

Kini, dia akan menukangi klub papan bawah MLS itu mulai 1 Oktober setelah menjadi pelatih timnas Kanada selama 5 tahun.

Baca juga: Tampil Sebagai Pemain Cadangan, Messi Cetak Gol ke Gawang Red Bulls

"Saya tidak sabar memulai petualangan baru dengan Toronto FC," ujar Herdman. "Secara pribadi, ini adalah saat yang tepat bagi saya untuk memasuki tantangan baru dalam karier saya. Saya memang sudah lama ingin menukangi sebuah klub."

Herdman menukangi Toronto FC, yang memiliki rekor menang-kalah terburuk di MLS dengan catatan 3 kali menang dari 13 laga dengan 10 hasil imbang.

Toronto FC memecat pelatih Bob Bradley pada Juni lalu dan menunjuk Terry Dunfield sebagai pelatih interim.

Baca juga: Messi Menegaskan Ingin Nikmati Setiap Momen di Sisa Kariernya

Herdman memimpin timnas putri Selandia Baru antara 2006 dan 2011 mengantarkan tim itu melaju ke Piala Dunia Wanita 2007 dan 2011.

Dia kemudian menjadi pelatih tim putri Kanada pada 2011 dan mengantarakan tim itu memenangkan medali perunggu di Olimpiade 2012 dan 2016. Timnas putri Kanada juga melaju hingga perempat final Piala Dunia Wanita 2015.

Herdman kemudian ditunjuk sebagai pelatih timnas putra Kanada dan menjadi orang pertama yang mengantarkan timnas putra dan putri negara yang sama melaju ke Piala Dunia.

"Kontribusi John terhadap sepak bola Kanada tidak ada duanya," ujar Presiden Canada Soccer Charmaine Crooks.

"Kami berterima kasih atas kontribusinya yang luar biasa terhadap sepak bola di Kanada dan mendoakan yang terbaik baginya di Toronto FC," lanjutnya. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat