visitaaponce.com

Kalahkan Irlandia, Prancis Semakin Dekat Raih Tiket ke Piala Eropa 2024

Kalahkan Irlandia, Prancis Semakin Dekat Raih Tiket ke Piala Eropa 2024
Para pemain Prancis melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Irlandia di laga kualifikasi Piala Eropa 2024.(AFP/FRANCK FIFE)

GOL apik Aurelien Tchouameni mengantarkan Prancis menang 2-0 atas Irlandia di laga kualifikasi Piala Eropa 2024, Jumat (8/9) dini hari WIB, yang membuat Les Bleus semakin dekat mengamankan tiket ke Jerman.

Gelandang Real Madrid itu membuka kemenangan Prancis lewat tendangan first timenya di menit 19 dalam laga di Paris sebelum pemain pengganti Marcus Thuram membuat skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Les Bleus saat babak kedua baru bergulir 3 menit.

Finalis Piala Dunia 2022 itu, kini, mengantongi poin maksimal 15 poin dan belum kebobolan dalam lima laga di Grup B. Prancis pun unggul jauh, sembilan poin, dari Belanda dan Yunani.

Baca juga: Persiapan Spanyol di Piala Eropa Dibayangi Skandal Luis Rubiales

Belanda, yang baru memainkan tiga laga, mengalahkan Yunani 3-0 di Eindhoven dan merupakan favorit untuk lolos dari Grup B bersama Prancis.

Irlandia, yang baru mengantongi tiga poin dari empat laga, dipastikan harus mengalahkan Belanda, Minggu (10/9), untuk membuka peluang lolos ke Piala Eropa 2024.

Memainkan laga ke-900 sepanjang sejarah, Prancis menampilkan permainan terbaik mereka dan tidak memberikan Irlandia kesempatan sedikit pun di Parc de Princes.

Baca juga: Ujian Berat Irlandia Putus Rekor Kemenangan Prancis

Didier Deschamps memberikan penampilan pertama bagi Lucas Hernandez setelah bek itu mengalami cedera lutut parah di Piala Dunia 2022. Adapun pemain anyar Paris Saint-Germain Ousmane Dembele ditempatkan di posisi sayap kanan dengan Olivier Giroud sebagai ujung tombak.

Adapun Ireland mengandalkan pemain Norwich City Adam Idah sebagai andalan lini depan setelah Evan Ferguson absen karena cedera.

Prancis unggul ketika Kylian Mbappe memberikan umpan kepada Tchouameni yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Gol itu mengingatkan pada gol yang dicetak Tchouameni di perempat final Piala Dunia 2022 kala Prancis menang 2-1 atas Inggris.

Tim tuan rumah kemudian terpukul ketika Giroud harus sitarik ke luar pada menit 26 karena cedera pergelangan kaki. Cedera itu membuat penyerang itu terancam absen di laga persahabatan melawan Jerman di Dortmund, Selasa (12/9).

Posisi Giroud digantikan oleh Thuram. Thuram memberikan assist kepada Mbappe yang menjebol gawang Irlandia, enam menit sebelum jeda. Namun, gol itu dianulir karena Thuram sudah berada di posisi offside.

Gol kedua Les Bleus terjadi 3 menit setelah babak kedua bergulir dengan Thuram menyambar bola liar dari jarak dekat setelah tendangan Mbappe ditahan oleh John Egan.

Skor 2-0 untuk kemenangan Prancis bertahan hingga laga usai. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat