visitaaponce.com

Dua Bulan Jelang FIFA U-17, Heru Budi Kebut Perbaikan Pada Sisi Rumput JIS

Dua Bulan Jelang FIFA U-17, Heru Budi Kebut Perbaikan Pada Sisi Rumput JIS
Pemprov DKI mengebut perbaikan rumput JIS jelang Piala Dunia U-17 FIFA.(IST)

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta tengah melakukan perbaikan pada Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang akan menjadi lokasi perhelatan Piala Dunia U-17 FIFA, 10 November - 2 Desember 2023.

"Ya doain ya kemarin prosesnya tinggal pergantian rumput. Kemarin pak Erick Thohir juga menyampaikan kita proses," ujar Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada awak media, Minggu (10/9).

Heru mengatakan, perbaikan diharapkan bisa selesai pada Oktober sebelum nantinya akan digunakan untuk pertandingan sepakbola dunia. "Mudah mudahan bisa tepat waktu," jelasnya.

Baca juga: Tim U-23 Dilabeli Sebagai Generasi Emas Sepak Bola Nasional

Sementara, PT Jakarta Propertindo sudah menjelaskan bahwa ada Proses treatment rumput di stadion utama yang sedang berjalan saat ini memiliki beberapa tahapan.

Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin mengatakan Jakpro melakukan penggulungan rumput yang dilakukan secara manual untuk menjaga keutuhan akar. Lalu kemudian rumput yang sudah digulung ada yang dipindahkan ke lokasi nursery rumput, dan proses perawatan yang berlangsung di lokasi nursery.

Baca juga: Menang Telak 9-0 dari Taiwan, Tim U-23 Indonesia Ulangi Rekor 22 Tahun

“Proses penggantian rumput ini kedepannya akan sering kita lakukan mengingat intensitas setiap pertandingan sepakbola berbeda-beda, ada yang 2 kali sehari atau 3 kali sehari, sehingga kualitas rumput pun perlu dijaga sesuai dengan intensitas pertandingan dan penggunaan lapangan tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip, Minggu (10/9).

“Rumputnya harus siap dipindahkan kapan pun dan yang di nursery bisa digunakan untuk back up bila diperlukan sewaktu-waktu, sehingga penting untuk kita memiliki beberapa lokasi nursery agar memastikan bahwa kualitas rumput yang digunakan senantiasa sesuai dengan yang direkomendasikan oleh FIFA” imbuhnya.

Proses treatment rumput lapangan JIS dilakukan supaya rumput bisa tumbuh lebih optimal dan sempurna. Selain itu, proses treatment juga untuk mengantisipasi rumput terkelupas atau rusak karena intensitas pertandingan Piala Dunia U-17 yang tinggi.

“Proses treatment yang ada di nursery ini untuk memastikan supaya rumput tumbuh lebih baik dan sempurna, rumput- rumput yang mengalami stress karena intensitas pertandingan yang tinggi ini kita treatment di nursery agar rumput tersebut bisa melakukan recovery dan tumbuh normal kembali.” ujarnya.

Jakarta International Stadium (JIS) akan menjadi venue utama di mana akan menjadi tempat dua grup berlaga, termasuk kandang Timnas U-17 Indonesia. Selain JIS, penyelenggaraan turnamen dunia yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember itu akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya). (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat