visitaaponce.com

Perubahan Taktik Ronald Koeman Bawa Belanda Unggul atas Irlandia

Perubahan Taktik Ronald Koeman Bawa Belanda Unggul atas Irlandia
Pelatih Belanda Ronald Koeman(AFP)

Perubahan taktik pelatih Belanda Ronald Koeman berhasil membawa timnya mengalahkan Irlandia dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2024 yang dihelat di Dublin, Irlandia, Senin (11/9) dini hari WIB. 

Sempat kesulitan di 25 menit babak pertama, Belanda kemudian mengambil kendali permainan hingga menjaga asa lolos ke turnamen yang akan berlangsung di Jerman tahun depan.

Awalnya, De Oranje tertinggal lebih dulu lewat gol penalti Adam Idah di menit ke-4. Kondisi itu menyulitkan permainan Belanda untuk berkembang. Kemudian, Koeman mengubah sistem pertahanan agar bisa bermain lebih tenang. Ia menaruh formasi empat dari semula hanya menggunakan tiga bek.

Baca juga: Belanda Bungkam Tuan Rumah Irlandia dengan Skor 2-1

"Awalnya sangat buruk. Kami kehilangan banyak bola. Kami tidak memiliki kendali dalam permainan. Namun, setelah 20-25 menit permainan, kami menjadi tenang," kata Koeman selepas laga.

"Keputusan di babak pertama untuk mengubah sistem dan bermain dengan empat bek adalah keputusan yang bagus. Setelah jeda, kami mengendalikan permainan."

Baca juga: Politano dan Mancini Dipastikan Absen Bela Italia saat Lawan Ukraina

Belanda menyamakan kedudukan pada menit ke-19, melalui Cody Gakpo yang sukses mengonversi tendangan penalti setelah Denzel Dumfries dijatuhkan di kotak terlarang. Sementara, gol kemenangan Belanda dicetak Wout Weghorst pada menit ke-56.

"Di menit-menit terakhir, mereka memberikan tekanan yang sama tetapi tidak menciptakan peluang untuk mencetak gol. Saya pikir ini adalah hasil yang adil," kata Koeman.

Hasil positif itu melanjutkan performa apik Belanda. Pada laga sebelumnya, mereka mengalahkan Yunani dengan skor 3-0.

Kemenangan beruntun ini membuat Belanda menempati posisi kedua klasemen Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024. Mereka mengumpulkan sembilan poin dari empat pertandingan yang sudah dilakoni. Sementara di posisi puncak ada Prancis dengan hasil sempurna, 15 poin dari lima kali bertanding.

Meski puas dengan performa timnya, Koeman juga mengakui ada hal-hal yang berjalan tidak sesuai rencana dalam kemenangan Belanda atas Irlandia. 

"Kami juga tidak menutup mata terhadap apa yang tidak berjalan baik," tandasnya. (Footballoranje/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat