visitaaponce.com

Southgate Bersikeras Tetap Panggil Henderson ke Timnas Inggris

Southgate Bersikeras Tetap Panggil Henderson ke Timnas Inggris
Gelandang timnas Inggris Jordan Henderson (kiri)(AFP/HENRY NICHOLLS)

MANAJER timnas Inggris Gareth Southgate menegaskan akan tetap memanggil Jordan Henderson meski gelandang itu menjadi sasaran cemooh pendukung sendiri karena bergabung dengan klub Arab Saudi Al-Ettifaq.

Mantan kapten Liverpool itu dicemooh oleh sekelompok pendukung timnas Inggris di Stadion Wembley saat ditarik ke luar dalam laga persahabatan melawan Australia, Jumat (13/10).

Henderson dikritik atas keputusannya pindah ke Arab Saudi, tempat homoseksulitas dipandang sebagai tindak kriminal, setelah dia secara terbuka mendukung hak kaum gay selama 12 tahun di Anfield.

Baca juga : Southgate Abaikan Protes terhadap Henderson

Southgate mengecam aksi para pendukung timnas Inggris itu sebagai aksi tidak masuk akal selepas laga melawan Australia dan menegaskan sikap para pendukung itu tidak akan mempengaruhi pilihan pemainnya untuk laga kualifikasi Piala Eropa 2024 melawan Italia, Rabu (18/10) dini hari WIB.

AFP/Glyn KIRK--Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate

Baca juga : Henderson Minta Inggris Belajar dari Kegagalan Southgate di Piala Eropa 1996

"Saya selalu memilih pemain yang saya rasa terbaik untuk timnas, yang memberi kami peluang terbaik untuk menang, kecuali saya merasa ada sesuatu yang tidak pantas," tegas Southgate.

"Orang-orang boleh tidak sepakat dengan sikap atau keputusan Jordan namun saya rasa itu bukan alasan untuk tidak memilih dia. Saya rasa itu juga bukan alasan untuk mencemooh dia."

"Kami berharap para pendukung memberikan dukungan. Kami menjadi lebih kuat saat para pendukung memberikan dukungan. itu merupakan hubungan yang telah terjalin selama ini. Jika saya memilih pemain berdasarkan popularitas, tim ini pasti jauh berbeda," lanjutnya.

Baca juga : Southgate Panggil Ramsdale Gantikan Henderson

Southgate juga bersikeras tetap memainkan Harry Maguire meski bek tengah itu jarang dimainkan oleh Manchester United dan diejek oleh pendukung klub lawan.

Maguire mencetak gol bunuh diri saat timnas Inggris menang 3-1 atas Skotlandia, bulan lalu, setelah setiap sentuhannya disambut dengan cemoohan.

"Saya akan membela semua pemain dan tim ini karena kami butuh persatuan dan kekuatan," ungkap Southgate.

Baca juga : Gareth Southgate tidak Kecewa Meski Timnas Inggris Kalah dari Timnas Brasil

"Kedua pemain (Maguire dan Henderson) tampil apik di laga besar untuk kami. Karakter itu adalah alasan saya memainkan mereka," imbuhnya.

Inggris hanya butuh hasil imbang melawan Italia untuk memastikan tiket ke Piala Eropa 2024.

Namun, the Three Lions pastinya ingin membalaskan dendam atas kekalahan mereka di final Piala Eropa 2020 dari Azzurri di Stadion Wembley.

"Kami gagal pada malam itu dan kini mereka akan kembali ke Wembley. Kami ingin membalaskan kekalahan itu," tegas bek timnas Inggris Kyle Walker.

Italia masih belum memastikan tiket ke Piala Eropa 2024 dari Grup C. Azzurri kini sama-sama mengantongi 10 poin dengan Ukraina, yang akan mereka hadapi di laga pamungkas, bulan depan. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat