visitaaponce.com

Portugal Raih Kemenangan ke-10 Beruntun di Kualifikasi Euro 2024

Portugal Raih Kemenangan ke-10 Beruntun di Kualifikasi Euro 2024
Portugal berhasil mengalahkan Islandia 2-0 pada kualifikasi Euro 2024 dan mencatat 10 kemenangan dari 10 pertandingan di Grup J.(AFP)

PORTUGAL menyelesaikan kampanye kualifikasi Euro 2024 mereka dengan rekor 100% dengan mengalahkan Islandia 2-0. Serbia memastikan tempat mereka di final tahun depan di Jerman dan Romelu Lukaku mencetak empat gol untuk Belgia.

Bruno Fernandes dan Ricardo Horta mencetak gol untuk Portugal yang diasuh Roberto Martinez, dengan Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol, mengakhiri dengan 10 kemenangan dari 10 pertandingan di Grup J.

Pemenang Euro 2016 ini akan menjadi salah satu favorit untuk gelar dalam yang mungkin menjadi turnamen besar terakhir Ronaldo yang berusia 38 tahun.

Baca juga: Spanyol, Maroko, dan Portugal Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Slovakia menyelesaikan delapan poin di belakang Portugal di tempat kualifikasi kedua setelah menang 2-1 atas Bosnia dan Herzegovina di Zenica.

Luxembourg, yang akan masuk ke babak play-off, berada lima poin lebih rendah setelah menutup pertunjukan fase grup yang mengesankan dengan kemenangan 1-0 di Leichtenstein.

Baca juga: Lima Kemenangan Beruntun Portugal

Sebelumnya, Serbia lolos untuk pertama kalinya sebagai negara independen, setelah empat kali gagal mencapai turnamen utama, dengan hasil imbang 2-2 melawan Bulgaria. Serbia menempati posisi kedua di Grup G di belakang Hungaria yang mengakhiri harapan Montenegro untuk lolos dengan mengalahkan mereka 3-1 di Budapest.

"Pemain menunjukkan mentalitas untuk tidak menyerah, percaya pada diri mereka sendiri," kata pelatih Serbia Dragan Stojkovic.

"Ini adalah hari besar untuk sepakbola Serbia. Serbia akhirnya berada di Kejuaraan Eropa.

"Saya mengucapkan selamat kepada anak-anak saya, yang bertarung sampai akhir dan percaya. Kami bahagia dan puas."

Bek tengah Milos Veljkovic membuat Serbia unggul pada menit ke-17 sebelum pemain pengganti Georgi Rusev menyamakan kedudukan untuk Bulgaria pada menit ke-59.

Sepuluh menit kemudian, Kiril Despodov membuat tim tamu unggul, tetapi Srdjan Babic menyamakan kedudukan delapan menit sebelum waktu berakhir untuk memastikan Serbia menjadi tim ke-17 yang lolos ke Euro 2024.

Montenegro membutuhkan kekalahan Serbia untuk berharap mengambil tempat mereka di Jerman, tetapi juga perlu menang melawan Hungaria yang telah melewati kualifikasi dengan impresif.

Slobodan Rubezic membawa Montenegro unggul pada menit ke-36, tetapi Hungaria memberi balasan pada paruh kedua dengan dua gol dalam tiga menit dari gelandang Liverpool, Dominik Szoboszlai, sebelum Zsolt Nagy mengakhiri kemenangan itu pada waktu tambahan.

Lukaku Semangat 

Lukaku mencetak empat gol saat Belgia menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan telak 5-0 atas Azerbaijan. Penyerang Roma, Lukaku, memperpanjang rekor gol internasionalnya untuk Belgia menjadi 83, dengan semua golnya tercipta dalam babak pertama yang luar biasa di Brussels.

Dia membuka skor pada menit ke-17 dengan mengkonversi umpan silang Jeremy Doku, sebelum Eddy Israfilov mendapatkan kartu kuning kedua tujuh menit kemudian, meninggalkan Azerbaijan dengan tugas yang sulit.

Lukaku mencetak gol lagi tak lama kemudian dan kemudian mencetak gol tandukan dari umpan Wout Faes untuk melengkapi hat-tricknya. Dia menutup pesta mencetak empat gol dalam 20 menit sebelum digantikan oleh Lois Openda pada paruh waktu.

Belgia mengendurkan laju mereka di paruh kedua, tetapi Leandro Trossard menambahkan gol kelima pada menit ke-90 dari assist Doku yang lain. Belgia finis di puncak Grup F, unggul satu poin dari Austria, keduanya sudah memastikan tempat di Euro 2024 sebelum pertandingan berakhir.

Swedia mengakhiri kampanye yang menyedihkan, di mana mereka gagal lolos ke Kejuaraan Eropa untuk pertama kalinya sejak 1996, dengan kemenangan 2-0 atas Estonia dalam pertandingan lain di grup.

Gavi Terluka

Bintang Barcelona, Gavi, mundur dengan cedera lutut yang parah dalam kemenangan 3-1 Spanyol melawan Georgia yang memastikan posisi teratas di Grup A di atas Skotlandia.

Pemain berusia 19 tahun itu ditendang dari belakang dalam paruh pertama, melengkungkan lutut yang menopang berat badannya, sebelum meninggalkan lapangan sambil menangis.

"Ini adalah cedera serius pada lutut kanannya, tetapi kita perlu menunggu untuk melihat seberapa buruknya sebenarnya," kata federasi sepakbola Spanyol.

Gol dari Robin Le Normand dan Ferran Torres, serta gol bunuh diri Luka Lochoshvili, membantu Spanyol melawan Georgia yang bersemangat, yang menyamakan kedudukan 1-1 awal melalui bintang Napoli, Khvicha Kvaratskhelia.

Skotlandia yang sudah lolos membutuhkan kemenangan atas Norwegia dan berharap Spanyol kalah untuk merebut tempat pertama, tetapi mereka hanya bermain imbang 3-3 di Hampden Park. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat