visitaaponce.com

Sempat Tertinggal, Barcelona Kalahkan Porto

Sempat Tertinggal, Barcelona Kalahkan Porto
Para pemain Barcelona melakukan selebrasi usai mengalahkan Porto di laga Liga Champions.(AFP/LLUIS GENE)

BARCELONA bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Porto 2-1, Rabu (29/11) dini hari WIB, dan melaju ke babak sistem gugur Liga Champions untuk kali pertama dalam tiga musim terakhir.

Gelandang Brasil Pepe membawa Porto memimpin namun duet Portugal, Joao Cancelo dan Joao Felix, membawa Barcelona berbalik unggul.

Dua mantan pemain Benfica itu mencetak gol ke gawang mantan klub rival mereka untuk memastikan tim besutan Xavi Hernandez tidak lagi tersingkir di babak penyisihan grup seperti yang mereka alami di dua musim terakhir.

Baca juga: Arteta Bertekad Buktikan Diri di Liga Champions

Kekalahan dari Shakhtar Donetsk di Hamburg di laga sebelumnya membuat Barcelona tampil gugup. Apalagi El Barca juga tengah tampil buruk di ajang La Liga.

Namun, meski sempat kebobolan lebih dulu, Cancelo dengan segera menyamakan kemudian sebelum memberikan assist kepada Felix di babak kedua untuk memastikan kemenangan Barcelona.

Xavi melakukan perubahan pada skuatnya dengan Cancelo dimainkan di posisi bek kiri dan Ilkay Gundogan dimainkan menggantikan Oriol Romeu setelah Barcelona ditahan imbang Rayo Vallecano 1-1, Sabtu (25/11).

Baca juga: Dua Gol Immobile Pastikan Lazio Tekuk Celtic

Inaki Pena kembali menjadi andalan di bawah mistar gawang Barcelona setelah Marc-Andre ter Stegen masih absen karena cedera punggung.

Pepe, yang disoraki pendukung Barcelona setiap memegang bola karena pernah membela Real Madrid, menjadi pemain tertua kelima yang tampil di Liga Champions sepanjang sejarah di usia 40 tahun dan 275 hari.

Bek Portugal itu berada di posisi yang tepat dan waktu yang tepat untuk menahan upaya Felix sebelum Raphinha menguji Diogo Costa.

Medhi Taremi menjebol gawang Barcelona di menit 25 namun gol itu dianulir karena penyerang Iran itu dianggap telah berada di posisi offside.

Pena kemudian sukses menahan upaya Galeno saat Porto meningkatkan tekanan terhadap Barcelona.

Pepe akhirnya berhasil menjebol gawang Barcelona di menit 30 dengan gelandang Brasil itu memanfaatkan bola muntah setelah Pena menahan upaya Evanilson.

Namun, dua menit kemudian, Cancelo menyamakan kedudukan untuk Barcelona.

Mantan pemain Benfica, yang dipinjam Barcelona dari Manchester City, melakukan pergerakan dari sisi kiri lapangan dan melepaskan tendangan yang tidak bisa diantisipasi Costa.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Di menit 57, Felix membuat Barcelona berbalik unggul setelah menerima umpan Cancelo dan menjebol gawang Porto. Itu merupakan gol pertama Felix untuk Barcelona sejak pertengahan September.

Skor 2-1 untuk kemenangan Barcelona bertahan hingga laga usai. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat