visitaaponce.com

Dua Gol Salah Bawa Liverpool Unggul Tiga Poin di Puncak Klasemen

Dua Gol Salah Bawa Liverpool Unggul Tiga Poin di Puncak Klasemen
Penyerang Liverpool Mohamed Salah (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Newcastle United di laga Liga Primer Inggris.(AFP/PETER POWELL)

MOHAMED Salah mencetak dua gol saat Liverpool menang 4-2 atas Newcastle United di Anfield, Selasa (2/1) dini hari WIB, untuk memastikan the Reds memuncaki klasemen Liga Primer Inggris dengan keunggulan tiga poin.

Anak-anak asuhan Juergen Klopp seharusnya bisa menang dengan skor lebih besar namun eksekusi penalti Salah di babak pertama dimentahkan kiper Newcastle Martin Dubravka.

Namun, Salah membayar tuntas kegagalan penalti itu setelah penyerang Mesir itu, Curtis Jones, dan Cody Gakpo mencetak gol di babak kedua untuk menghadiahi Newcastle kekalahan ketujuh dari delapan laga terakhir.

Baca juga: Liverpool Pulangkan Carvalho dari RB Leipzig

Berkat kemenangan itu, Liverpool unggul lima poin atas kandidat juara Liga Primer Inggris lainnya, Manchester City dan Arsenal, sementara Aston Villa mengejutkan berada di posisi kedua, terpaut tiga poin dari the Reds.

Adapun Newcastle terpuruk di peringkat sembilan, berjarak 11 poin dari peringkat empat besar Liga Primer Inggris.

The Magpies memiliki rekor tandang terburuk di Liga Primer Inggris pada musim ini dan beruntung tidak kalah dengan skor yang lebih besar di Anfield.

Baca juga: Arteta Frustrasi Setelah Arsenal Kalah dari Fulham

Trent Alexander-Arnold memberi peringatan pertama bagi Newcastle saat laga baru berlangsung dua menit.

Dubravka bertugas di bawah mistar gawang Newcastle menggantikan posisi Nick Pope saat performa Newcastle melorot selama beberapa pekan terakhir akibat krisis cedera.

Namun, penjaga gawang Slovakia itu tampil apik dengan menahan upaya Darwin Nunez.

Luis Diaz sempat menjebol gawang Newcastle, tidak lama kemudian, namun dianulir karena Nunez dianggap telah berada di posisi offside.

Wasit kemudian memberikan hadiah penalti untuk Liverpool pada menit 22 setelah Diaz dilanggar Sven Botman di kotak terlarang. Namun, Dubravka sukses menggagalkan eksekusi penalti Salah.

Penyerang Mesir yang memainkan laga terakhirnya bersama Liverpool sebelum bertolak untuk berlaga di Piala Afrika kini gagal di empat dari 10 penalti terakhirnya untuk the Reds.

Babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Di babak kedua, Liverpool kembali menggebrak dan sukses menjebol gawang Newcastle pada menit 49. Salah membalas kegagalannya dari titik penalti dengan mencetak gol memanfaatkan umpan matang Nunez.

Nunez kemudian berpeluang menggandakan keunggulan Liverpool namun upayanya berhasil digagalkan Dubravka.

Kemudian, secara mengejutkan, lima menit kemudian, Newcastle menyamakan kedudukan lewat aksi Alexander Isak memanfaatkan umpan terobosan Anthony Gordon.

Klopp kemudian memasukkan Diogo Jota dan Gakpo untuk menambah daya gedor Liverpool.

Pada menit 74, Jota memberikan assist kepada Jones yang membuat Liverpool kembali unggul sebelum Gakpo membuat skor menjadi 3-1 pada menit 78 memanfaatkan umpan silang Salah.

Newcastle memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2 pada menit 81 lewat aksi Botman.

Namun, harapan Newcastle untuk bangkit tuntas ketika wasit memberikan hadiah penalti kedua untuk Liverpool usai Jota dilanggar Dubravka di kotak terlarang.

Kali ini, Salah tanpa kesalahan menjalankan tugasnya untuk membawa Liverpool unggul 4-2 pada menit 86.

Skor 4-2 untuk kemenangan Liverpool atas Newcastle bertahan hingga laga usai. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat