visitaaponce.com

Barca Tantang Madrid di Final Piala Super Spanyol

Barca Tantang Madrid di Final Piala Super Spanyol
Pemain barcelona Robert Lewandowski.(AFP)

GOL Robert Lewandowski dan Lamine Yamal mengantarkan kemenangan Barcelona 2-0 atas Osasuna pada semifinal Piala Super Spanyol yang berlangsung di Stadion Al Awwal, Riyadh, Arab Saudi, Jumat (12/1). Blaugrana bakal menantang Real Madrid di laga final pada Senin (15/1) dini hari.

Final tahun ini merupakan pertandingan ulang El Clasico edisi 2023 lalu. Saat itu Barca mengalahkan Real Madrid di final untuk meraih gelar ke-14.

Mengalahkan Madrid di final musim lalu juga membuat pelatih Xavi Hernandez mempersembahkan trofi pertamanya bagi publik Camp Nou sebagai pelatih.

Baca juga : Xavi Harap Gelar Piala Super Spanyol Jadi Titik Balik Barcelona

Kemenangan atas Osasuna tersebut untuk kali pertama Barcelona menang dengan lebih dari satu gol sejak September lantaran tren performa yang tidak meyakinkan.

"Memang benar sudah lama sejak kami menang dengan lebih dari satu gol, tapi itu tidak masalah, ini tentang kemenangan, bermain bagus, dan kami memainkan permainan yang solid," kata gelandang Barcelona Frenkie de Jong.

Baca juga : Ujian Blaugrana untuk Pertahankan Gelar

"(Perlu waktu) untuk membiasakan diri dengan rekan satu tim Anda dan kami juga mengalami banyak cedera, kami sedang dalam proses itu. Berada di final melawan Madrid, itu hebat, dua tim level atas," imbuh pemain internasional Belanda itu.

Penjaga gawang Osasuna Sergio Herrera sepanjang babak pertama tanlil apik meredam serangan-serangan Barca. Kebuntuan Blaugrana terpecahkan berkat aksi Ilkay Gundogan yang menyodorkan bola Lewandowski dan menuntaskannya dengan gol pada menit ke-59.

Pemain berusia 35 tahun itu belum dalam performa terbaiknya musim ini tetapi berhasil menyelesaikan peluang tersebut secara klinis untuk memberi timnya keunggulan.

Yamal yang baru berusia 16 tahun mencetak gol pertamanya sejak Oktober di ujung laga memanfaatkan umpab Joao Felix untuk memastikan kemenangan Barca.

Mayoritas suporter di Arab Saudi mendukung Barca namun ada juga pendukung yang mengenakan seragam merah Osasuna.

Osasuna memprotes gol pertama karena menilai adanya pelanggaran yang dilakukan Andreas Christensen saat sebelum serangan dari Gundogan terbangun.

Sementara itu, Raphinha tertatih-tatih karena mengalami cedera dan digantikan oleh Yamal. Di babak kedua, Xavi turut memasukkan Pedri Gonzalez untuk penampilan pertamanya dalam hampir sebulan setelah cedera dan Joao Felix.

Osasuna gagal memberikan tekanan yang cukup kepada Barcelona untuk menyamakan kedudukan dan Yamal mencetak gol di akhir pertandingan. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat