visitaaponce.com

Tekuk Suriah, Australia Melaju ke 16 Besar Piala Asia

Tekuk Suriah, Australia Melaju ke 16 Besar Piala Asia
Gelandang Australia Jackson Irvine (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Suriah di laga Piala Asia.(AFP/HECTOR RETAMAL)

AUSTRALIA menjadi tim kedua setelah tuan rumah dan juara bertahan Qatar yang lolos ke babak 16 besar Piala Asia usai mengalahkan Suriah 1-0 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Kamis (18/1).

Jackson Irvine mencetak gol tunggal kemenangan Australia pada menit ke-60, saat ia melesat ke kotak penalti sebelum menggulirkan bola ke sela-sela kaki kiper Ahmad Madanieh. Itu merupakan gol kedua Irvine di perhelatan Piala Asia 2023.

Socceroos, yang dilatih Graham Arnold, berhasil melaju ke 16 besar dengan sisa satu pertandingan fase grup. Namun, mereka akan perlu tampil lebih baik jika ingin menjadi juara Asia untuk kedua kalinya.

Baca juga: Erick Thohir: Kontrak Shin Tae-yong Tergantung Performanya di Piala Asia

Suriah hampir membuka keunggulan di menit kelima, ketika sepakan Pablo Sabbag mengenai tiang gawang Australia. 

Sabbag kemudian mendapat luka pada wajahnya akibat berduel dengan Aiden O'Neill. Atas pelanggaran itu, gelandang Australia itu mendapat kartu kuning.

Namun, perlahan-lahan, Australia mulai mengendalikan permainan. Bahkan, 10 menit sebelum turun minum, Australia hampir membuka keunggulan dari situasi tendangan sudut. Bek Gethin Jones memenangi duel udara namun sayangnya Jackson Irvine gagal menjangkau bola di tiang jauh.

Baca juga: Son Heung Min Bertekad Antar Korsel Juara Piala Asia 2023

Arnold lantas melakukan tiga pergantian pemain pada menit ke-57, dengan memasukkan Riley McGree, Samuel Silvera, dan Keanu Baccus. Upaya tersebut lantas menuai hasil ketika mereka memecah kebuntuan melalui Irvine.

Australia meneruskan dominasinya di sisa pertandingan. Namun, mereka hampir kemasukan pada menit ke-67, saat kiper Maty Ryan harus melakukan penyelamatan penting sebelum bola melewati garis gawang.

Pertandingan-pertandingan putaran terakhir Grup B akan dimainkan pada Selasa (23/1) mendatang. Australia akan bertemu Uzbekistan, dan India berhadapan dengan Suriah. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat