visitaaponce.com

Everton Curi Poin dari Spurs, Villa Hancurkan Sheffield United Rebut Posisi Keempat

Everton Curi Poin dari Spurs, Villa Hancurkan Sheffield United Rebut Posisi Keempat
Everton main imbang 2-2 dengan Tottenham, sementara Aston Villa menghancurkan Sheffield United 5-0(AFP)

KLUB Liga Primer Inggris yang sedang berjuang, Everton, berhasil menyelamatkan hasil imbang 2-2 dengan Tottenham berkat gol penyama kedudukan dari Jarrad Branthwaite di menit-menit terakhir. Sementara itu, Aston Villa melangkah ke posisi keempat dengan kemenangan telak 5-0 atas Sheffield United pada Sabtu.

Mantan penyerang Everton, Richarlison, baru mencetak satu gol liga untuk Tottenham antara Agustus 2022 dan Desember 2023. Namun, ia kini sudah mencetak sembilan gol dalam delapan pertandingan terakhir untuk Tottenham setelah membawa timnya unggul pada menit keempat dan memulihkan keunggulan mereka dengan tendangan spektakuler dari luar kotak pada menit ke-41.

Meski demikian, Everton bangkit setelah awal yang buruk, dan taktik mereka untuk menargetkan kiper Tottenham, Guglielmo Vicario, dari tendangan sudut membawa hasil dengan menyamakan skor pada menit ke-30. Jack Harrison mendapat bola dari tendangan ke arah gawang Dominic Calvert-Lewin dan berhasil mengubahnya menjadi gol.

Baca juga : Jadwal Lengkap Manchester United 2023-2024

Dan pada menit keempat waktu tambahan, bek Tottenham Cristian Romero hanya bisa membuang bola ke gawangnya sendiri setelah sundulan bebas James Garner, sehingga Branthwaite berhasil menyamakan skor.

"Pertandingan di sini tentu tidak akan pernah mudah. Anda harus menghadapi banyak hal, tetapi sebagian besar waktu kami mengatasinya dengan baik. Sayangnya, kami tidak bisa bertahan," kata pelatih Tottenham Ange Postecoglou.

Everton yang berada di peringkat ketiga dari bawah belum bisa menang dalam enam pertandingan liga terakhir. Namun, manajer Everton, Sean Dyche, mengatakan: "Kami pantas mendapatkan setidaknya gol penyama, jika tidak tiga poin."

Baca juga : Sempat Unggul, Tottenham Hotspur Ditahan Imbang Everton

Villa naik ke posisi di atas Tottenham berkat kemenangan telak mereka atas Sheffield United yang berada di dasar klasemen di Bramall Lane.

Villa unggul setelah 12 menit ketika John McGinn menyambar bola yang mengenai tiang gawang setelah tendangan Ollie Watkins. Watkins kemudian mencetak gol kedua empat menit kemudian, menyontek bola dari umpan Douglas Luiz, dan Leon Bailey membuatnya menjadi 3-0 dengan tendangan melengkung ke pojok atas pada menit ke-20.

Ketika Youri Tielemans melepaskan tembakannya melalui mistar pada menit ke-30, Villa menjadi tim tamu pertama yang mencetak empat gol dalam 30 menit pertama dalam pertandingan Premier League sejak Chelsea melawan Bolton pada 2011.

Baca juga : Aston Villa ke Peringkat Dua Nyaris Gusur Arsenal

Para pemain asuhan Unai Emery tidak memberi ampun, dan Alex Moreno mencetak gol kelima dua menit setelah babak kedua dimulai dengan tendangan voli.

Villa kini terpaut lima poin di belakang pemuncak klasemen Liverpool, yang akan berkunjung ke Arsenal yang berada di posisi ketiga pada hari Minggu.

Di St James' Park, Newcastle menunjukkan perlawanan sengit dengan menyelamatkan hasil imbang 4-4 melawan Luton.

Baca juga : Aston Villa Gagal Puncaki Klasemen Premier League setelah Seri dengan Sheffield United

Sean Longstaff membawa Newcastle unggul pada menit ke-7 dengan penyelesaian klinis dari umpan silang Kieran Trippier. Namun, Gabriel Osho menyamakan kedudukan untuk Luton pada menit ke-21 setelah memanfaatkan umpan Ross Barkley.

Longstaff kembali membawa keunggulan Newcastle dua menit kemudian, tetapi Barkley menyamakan skor lima menit sebelum jeda.

Luton mendapat penalti pada menit ke-59 setelah Chiedozie Ogbene ditarik oleh Dan Burn, keputusan ini diambil setelah pemeriksaan VAR yang panjang untuk menentukan apakah pelanggaran itu terjadi di dalam area.

Baca juga : Wilder Minta Sheffield United Percaya Diri Hadapi Aston Villa

Carlton Morris berhasil mencetak gol, meskipun harus mengulang tendangan akibat pemain lebih awal masuk kotak, dan ia berhasil mencetak gol di percobaan kedua.

Gol tenang Elijah Adebayo tiga menit kemudian menambah keunggulan Luton, tetapi gol Kieran Trippier pada menit ke-67 memberikan harapan bagi Newcastle.

Harvey Barnes, yang bermain untuk pertama kalinya sejak September setelah cedera, menyempurnakan tindakan penyelamatan Newcastle enam menit kemudian dengan tembakan keras ke sudut bawah gawang.

Baca juga : Pochettino Sebut Chelsea Berada di Jalur yang Tepat

"Kredit nyata untuk para pemain karena bangkit karena tidak mudah melakukannya. Kami mencetak beberapa gol hebat dan bisa saja memenangkannya," kata pelatih Newcastle, Eddie Howe.

Luton pindah satu poin di atas zona degradasi, sementara Newcastle berada di posisi kesembilan.

Brighton menghancurkan Crystal Palace 4-1 di Amex Stadium untuk memperkuat tuntutan mereka ke zona Eropa.

Baca juga : Postecoglu Sebut Richarlison Inspirasi Kemenangan Spurs Atas Sheffield

Seagulls yang berada di peringkat ketujuh mencetak gol melalui Lewis Dunk, Jack Hinshelwood, Facundo Buonanotte, dan Joao Pedro sementara suporter Palace meminta Roy Hodgson dipecat.

David Datro Fofana mencetak dua gol untuk Burnley yang berada di posisi kedua dari bawah, memimpin perlawanan dari dua gol tertinggal untuk meraih hasil imbang 2-2 melawan Fulham di Turf Moor. (AFP/Z-3)

Baca juga : Everton Telan Dua Kekalahan Beruntun

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat