visitaaponce.com

The Gunners Kalah dari Porto, Arteta Arsenal Kurang Agresif

The Gunners Kalah dari Porto, Arteta: Arsenal Kurang Agresif
Manajer Arsenal Mikel Arteta.(AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

ARSENAL takluk di tangan FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Berlaga di di Stadion Dragao, Kamis (22/2), Arsenal kalah 0-1.

Arsenal kesulitan untuk mendobrak pertahanan Porto yang solid. Mereka mendapat pukulan telak lantaran kebobolan di menit-menit akhir. Aksi cemerlang Galeno pada menit ke-94 kemudian memberi kemenangan tim tuan rumah.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta geram kurangnya ketajaman timnya. Kondisi itu seakan berbanding terbalik karena the Gunners mengawali 2024 dengan lima kemenangan berturut-turut di Liga Primer dengan mencetak 21 gol.

Baca juga : Mikel Arteta Kecewa atas Kekalahan Arsenal di Kandang Porto

Kekalahan itu pun mengakhiri delapan pertandingan tak terkalahkan Arsenal melawan tim asal Portugal. Pekerjaan berat menanti pada leg kedua di London pada Maret mendatang.

"Kami kurang mengancam. Kami kurang agresif, terutama ketika kami menguasai bola di sepertiga akhir lapangan. Jadi kami akan mengubah beberapa hal untuk menyerang lebih baik. Kami bisa melakukannya lebih baik," kata Arteta.

Arsenal terakhir kali mencapai perempat final Liga Champions pada 2010 ketika mereka mengalahkan Porto di babak 16 besar. Namun klub asal Portugal tersebut kini lebih diunggulkan dengan keuntungan satu gol.

Baca juga : Arsenal Kalah dari FC Porto, Mikel Arteta Kecewa

"Saya pikir ini (Porto) adalah tim yang sangat terorganisasi dengan baik dalam bertahan dan mereka selalu merusak ritme Anda. Kami ingin berada di perempat final, Anda harus mengalahkan lawan Anda dan inilah yang harus kami lakukan di Emirates," ujar Arteta.

Arsenal gagal mencatatkan satu pun tembakan tepat sasaran di laga itu meski belakangan kerap berpesta gol.

Arteta tetap menggunakan starting line-up yang sama untuk pertandingan tersrbut berturut-turut menyusul kemenangan 5-0 atas Burnley pada akhir pekan lalu.

Baca juga : FC Porto vs Arsenal: Gol Larut Galeno Tumbangkan the Gunners

Lini depan Arsenal yang kuat bisa diredam pertahanan Porto yang disiplin. The Gunners gagal menciptakan peluang hingga bek tengah William Saliba menyundul sepak pojok Bukayo Saka yang melebar pada menit ke-35.

Babak kedua berlanjut dengan pola serupa. Porto membuat frustasi serangan Arsenal meski the Gunners menekan lebih tinggi di lini depan. Peluang hanya terjadi ketika bek Gabriel menyundul tendangan bebas Declan Rice namun melewati mistar gawang.

Para pemain Porto menyadari ruang yang harus mereka masuki untuk mengondisikan lawan dan sesekali mengancam di lini depan dengab prluang berbahaya.

"Itu adalah pertandingan yang bagus, pertandingan Liga Champions yang sebenarnya. Lawan kami lebih banyak menguasai bola, tapi Porto selalu lebih berbahaya," kata pelatih Porto, Sergio Conceicao.  (AFP)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat