visitaaponce.com

Uji Coba VAR Digelar pada Final EPA U-20

Uji Coba VAR Digelar pada Final EPA U-20
Ilustrasi VAR(AFP)

TEKNOLOGI video assistant referee (VAR) mulai dilakukan PSSI. Uji coba VAR dilakukan pada final Elite Pro Academy (EPA) U-20 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Kamis (7/3).

Dalam uji coba, ada delapan plus dua kamera yang digunakan pada pertandingan yang mempertemukan Persita Tangerang U-20 menghadapi Persis Solo U-20 tersebut.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut baik uji coba VAR tersebut. Uji coba ditargetkan memberi pengalaman banyak bagi semua unsur yang terlibat dalam kompetisi. Uji coba juga untuk melatih perangkat pertandingan sebelum VAR akan diterapkan di kompetisi Liga 1.

Baca juga : Stadion Manahan Jadi Lokasi Semifinal dan Final Piala Dunia U-17

"Seperti kita tahu, VAR menjadi salah satu standar kompetisi sepak bola profesional yang baik. Jika saat ini bisa diuji coba di kompetisi, meski untuk usia muda, ini menandakan kita sudah mulai melangkah ke peningkatan standar kompetensi yang lebih baik," kata Erick.

"Saya harap mulai dari pemain, ofisial, terutama perangkat pertandingan yakni para wasit bisa belajar banyak dari kesempatan besar ini agar sepakbola kita makin profesional dan bersih," imbuhya.

Uji coba VAR yang dilakukan tersebut merupakan angkatan pertama dan direncanakan akan terus berlangsung hingga April dengan jumlah 13 sampai 16 pertandingan.

Baca juga : Penggerak Milenial Indonesia Siap Kawal Erick Thohir Lakukan Terobosan di Liga 1

"PSSI bersama PT LIB juga menugaskan wasit VAR lulusan terbaik yang sudah mendapatkan pelatihan selama enam bulan terakhir. Sebelum resmi diterapkan di Liga 1 2023-2024, maka membutuhkan percobaan ini untuk memantapkan kesiapan penggunaan VAR, " ucap Erick.

"Karena itu, saya minta para wasit yang bertugas dan berkesempatan uji coba VAR bisa menerapkan ilmu pelatihan sebaik-baiknya. Apalagi selama uji coba ini, FIFA akan melakukan assessment/penilaian untuk VAR batch 1," tambahnya.

Perwakilan Hawk-Eye dan FIFA juga memantau langsung uji coba VAR di Manahan. Pihak Hawk-Eye, Lewis Watterson, mengaku persiapannya berjalan baik dan ke depan perlu peningkatan.

"Semua berjalan bagus. Memang masih harus ada peningkatan, tetapi sejauh ini berjalan dengan baik, " kata Lewis Watterson. (Dhk/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat