visitaaponce.com

Ini Alasan Pep Guardiola Masukkan Mateo Kovacic Menggantikan Kevin De Bruyne Kala Hadapi Liverpool

Ini Alasan Pep Guardiola Masukkan Mateo Kovacic Menggantikan Kevin De Bruyne Kala Hadapi Liverpool
Gelandang Manchester City Mateo Kovacic (nomor punggung 8) di laga Liga Primer Inggris melawan Liverpool.(AFP/Paul ELLIS)

PEP Guardiola mengungkapkan alasan dirinya menggantikan Kevin De Bruyne dengan Mateo Kovacic di babak kedua laga Liga Primer Inggris melawan Liverpool, Minggu (10/3).

Guardiola menyebut hal itu karena De Bruyne kesulitan menandingi duet gelandang the Reds Wataru Endo dan Alexis Mac Allister.

Pada laga Liga Primer Inggris yang berakhir imbang 1-1 di Anfield itu, Manchester City unggul melalui gol yang dicetak John Stones sebelum disamakan Liverpool lewat eksekusi penalti Mac Allister di babak kedua.

Baca juga : Berharap Mo Salah Tampil di Anfield

Guardiola menyebut permainan Liverpool berubah di babak kedua, terutama penampilan Endo dan Mac Allister, yang lebih banyak menguasai bola dan mengirimkan umpan jarak jauh yang membahayakan pertahanan Manchester City.

AFP/Paul ELLIS--Gelandang Manchester City Kevin De Bruyne

"Selepas babak pertama, kami menjadi kesulitan karena mereka memiliki Endo dan Mac Allister. Umpan-umpan mereka berkualitas karena menyerang atau kala transisi," ungkap Guardiola di laman daring resmi Manchester City, Senin (11/3).

Baca juga : The Citizens Waspadai Perlawanan The Blues

Sembilan menit usai Liverpool menyamakan kedudukan, Guardiola menarik keluar De Bruyne, yang telah membuat 11 assist di 12 laga usai pulih dari cedera, dan memasukkan Kovacic.

De Bruyne terlihat gusar kala berjalan ke bangku cadangan sebelum Guardiola mendekatinya dan tampaknya memberi penjelasan kepada gelandang Belgia itu.

"Setelah Mateo masuk, kami membuat lebih banyak umpan dan itu memang tujuannya. Bersama Mateo, John (Stones), Rodri, dan Phil (Foden) di tengah, kami memiliki kualitas untuk menjaga bola dengan cara yang tidak bisa kami lakukan sebelumnya," jelas Guardiola.

Baca juga : 2 Gol Haaland Bawa Manchester City Memuncaki Klasemen Sementara Liga Primer Inggris

AFP/Oli SCARFF--Pelatih Manchester City Pep Guardiola

Guardiola menambahkan, keberadaan Kovacic untuk mempertahankan situasi permainan seperti pada babak pertama membuat Manchester City bisa menemukan peluang dari celah yang ditinggalkan pemain Liverpool saat sedang menyerang.

"Di babak kedua, jika Anda ingin mempertahankan sesuatu yang Anda menangkan pada babak pertama, Anda tidak memiliki pilihan selain terus bermain, bermain, dan bermain," ungkap mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu.

"Kemudian kami mempunyai peluang, mereka juga dapat peluang dan pada akhirnya itulah yang terjadi," lanjutnya.

Hasil imbang dengan Manchester City itu membuat Liverpool turun ke posisi kedua dengan raihan 64 poin, sama dengan pemuncak klasemen Liga Primer Inggris Arsenal yang menang selisih gol. Adapun pasukan Pep Guardiola turun ke peringkat tiga dengan 63 poin. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat