visitaaponce.com

Aston Villa vs Lille, Aston Villa Mendekati Trofi Eropa setelah Menang atas Lille

Aston Villa vs Lille, Aston Villa Mendekati Trofi Eropa setelah Menang atas Lille
Aston Villa meraih kemenangan 2-1 atas Lille dalam pertandingan Liga Konferensi, membawa mereka semakin dekat dengan trofi Eropa pertama.(AFP)

ASTON Villa mendekat ke trofi Eropa pertama dalam lebih dari empat dekade dengan kemenangan 2-1 di Liga Konferensi atas Lille, Kamis.

Ollie Watkins dan John McGinn mencetak gol di kedua sisi babak untuk memberikan peluang serius kepada tim Liga Primer tersebut di babak semifinal menjelang leg kembali perempat final minggu depan di Prancis.

Villa, yang menghancurkan Ajax dengan agregat 4-0 di babak 16 besar, bertujuan untuk meraih gelar Eropa ketiga mereka setelah kemenangan di Piala Eropa pada 1982 dan Piala Super UEFA musim berikutnya.

Baca juga : Emery Sangat Bersemangat Hadapi Lille di Perempat Final Liga Konferensi UEFA

Kegembiraan sedikit tercuri ketika Bafode Diakite mencetak gol bagi tamu dengan enam menit tersisa.

"Kami memiliki banyak peluang dan 2-1 agak mengecewakan, saya pikir seharusnya menjadi tiga atau empat," kata Watkins.

"Kami memiliki rencana permainan dan kami tetap mematuhinya apa pun yang terjadi," tambahnya.

Baca juga : Undian Liga Konferensi UEFA, Aston Villa Bertemu Lille

"Sangat penting bagi kami untuk memenangkan pertandingan dan kemudian masuk ke leg kedua dengan unggul satu gol. Rasanya banyak kerja keras yang telah dilakukan," kata Watkins menjelang pertandingan tandang ke Arsenal di Liga Primer akhir pekan ini sebelum perjalanan ke utara Prancis minggu depan.

Pelatih Villa, Unai Emery, memiliki catatan Eropa yang luar biasa, dengan memenangkan Liga Europa sebagai pelatih tiga kali dengan Sevilla dan sekali dengan Villarreal.

Pemenang dari pertandingan ini akan maju ke babak berikutnya untuk menghadapi tim besar Yunani, Olympiakos, atau Fenerbahce dari Turki.

Baca juga : Ajax vs Aston Villa, tidak Ada Gol Tercipta di Amsterdam

Sepasang ini bertemu di Yunani sebelumnya pada Kamis, dengan pekan bermasalah Fenerbahce berlanjut saat mereka melakukan comeback membara di babak kedua dalam kekalahan 3-2.

Tim Turki tersebut tampaknya sudah kalah setelah satu jam bermain, dengan tuan rumah Yunani mengendalikan leg pertama perempat final dengan tiga gol.

Kostas Fortounis dan Stevan Jovetic membuat Olympiakos mantap di babak pertama, dengan Chiquinho memperkuat keunggulan mereka pada menit ke-57.

Baca juga : Aston Villa Nyaris Gagal Menang di Kandang Luton Town

Tetapi penalti dari Dusan Tadic di menit ke-68 diikuti dengan kontribusi Irfan Can Kahveci di menit ke-74 memberikan kesempatan hidup kepada Fenerbahce menjelang leg kembali minggu depan di Turki.

"Kami memulai dengan kuat, tetapi Olympiakos adalah tim yang sangat bagus dan mereka memanfaatkan peluang mereka. Setelah tertinggal 3-0, kami berhasil berkumpul kembali, bermain sesuai permainan kami, dan meningkatkan peluang kami untuk lolos," komentar Tadic.

Kapten dan pencetak gol Olympiakos, Fortounis, mengatakan: "Fenerbahce adalah tim yang bagus. Kami melonggarkan diri dan kebobolan dua gol. Itu sepak bola. Tetapi kami akan pergi ke sana dengan konsentrasi penuh dan akan bermain untuk lolos."

Fiorentina, finalis musim lalu dalam kompetisi benua tier ketiga Eropa, hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Viktoria Plzen di Republik Ceko.

Pemenang dari pertandingan ini akan melawan pemenang pertemuan antara Club Brugge dari Belgia atau PAOK dari Yunani, dengan Brugge unggul 1-0 menjelang leg kembali minggu depan.

Final Conference League musim ini akan dimainkan di Athena di OPAP Arena pada 29 Mei.

Roma memenangkan Conference League inaugural pada tahun 2022, dengan West Ham mengangkat trofi musim lalu. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat