visitaaponce.com

Resmi Jadi Pelatih Liverpool, Arne Slot Langsung Punya Tugas ini di The Reds

Resmi Jadi Pelatih Liverpool, Arne Slot Langsung Punya Tugas ini di The Reds
Reaksi pelatih Feyenoord asal Belanda, Arne Slot, selama pertandingan sepak bola grup E Liga Champions UEFA antara Celtic dan Feyenoord di s(ANDY BUCHANAN / AFP)

MANAJEMEN Liverpool resmi memastikan Arne Slot sebagai penerus Juergen Klopp dan mulai bertugas per 1 Juni mendatang. Pelatih asal Belanda itu memiliki daftar tugas yang panjang untuk melanjutkan masa jabatan Klopp.

Slot dikabarkan menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun. Dalam perpisahannya kepada penggemar Feyenoord, Slot mengakui tak bisa mengacuhkan tawaran dari klub besar seperti Liverpool. Pelatih berusia 45 tahun itu menyimpan ambisi untuk naik kelas.

“Tentu saja bukan keputusan yang mudah untuk menutup pintu bagi Anda di klub di mana Anda telah mengalami begitu banyak momen indah dan bekerja dengan sukses dengan begitu banyak orang-orang hebat,” kata Slot melalui laman resmi Feyenoord.

Baca juga : Liverpool Resmi Umumkan Arne Slot Sebagai Pelatih Baru

“Tetapi sebagai seorang olahragawan, peluang untuk menjadi pelatih kepala di Liga Primer, di salah satu klub terbesar di dunia, sulit untuk diabaikan," imbuhnya.

Tugas paling mendesak bagi Slot ialah memutuskan masa depan beberapa pemain bintang seperti Mohamed Salah, Virgil van Dijk, dan Trent Alexander-Arnold.

Mohamed Salah, Virgil van Dijk dan Trent Alexander-Arnold menjadi pemain penting dalam kesuksesan klub di bawah asuhan Klopp. Namun ketiganya akan habis kontraknya pada musim panas tahun depan.

Baca juga : Arne Slot Resmi Gantikan Juergen Klopp Jadi Pelatih Liverpool

Salah yang berusia 31 tahun mendapat tawaran besar dari klub Arab Saudi. Setelah performanya yang menurun baru-baru ini, Slot dihadapkan pada pilihan mempertahankan atau melepas sang pemain.

Pilihan yang sama juga kepada Van Dijk sudah tergolong senior karena berusia 33 tahun musim panas ini.

Perbaikan terbesar yang dinilai perlu dilakukan Slot untuk Liverpool saat ini di sepertiga akhir. Penyelesaian akhir the Reds musim ini kerap majal.

Baca juga : Arne Slot Konfirmasi Dirinya akan Tukangi Liverpool pada Musim Depan

Darwin Nunez memiliki tingkat konversi peluang besar terburuk bagi seorang striker yang rata-rata kerap memiliki peluang bersih. Sepanjang musim ini, Nuzez tercatat melewatkan 26 dari 32 peluang gol.

Luis Diaz dan Salah juga berada di peringkat 10 besar pemain yang kerap menyia-nyiakan peluang besar.

Feyenoord di bawah asuhan Slot dan Liverpool era Klopp dipandang memiliki sejumlah kesamaan. Feyenoord lebih banyak menguasai bola di sepertiga akhir lapangan dibandingkan tim mana pun di lima liga top Eropa.

Baca juga : Liverpool Capai Kesepakatan Datangkan Pelatih Feyenoord Arne Slot

Begitu juga dengan Liverpool dengan gaya serupa. Dalam pertandingan, rata-rata penguasaan bola Feyenoord 62% sedangkan Liverpool 61,4%.

Eks pemain Liverpool Jamie Carragher menilai langkah Liverpool untuk merekrut Arne Slot menunjukkan kurangnya ketersediaan pelatih top saat ini. Termasuk nama-nama muda lain seperti Xabi Alonso dan Ruben Amorim dan sempat didekati Liverpool.

"Dari Feyenoord ke Liverpool adalah lompatan besar dan saya pikir ini menunjukkan saat ini bahwa mungkin ada kekurangan manajer top di luar sana, jika Anda melihat siapa yang dituju Liverpool," ucap Carragher dilansir Sky Sports.

Carragher menilai tantangan besar dihadapi Slot karena skenario yang dihadapi berbeda dengan kondisi Klopp pada 2014 setelah ia menangani Borussia Dortmund atau skenario yang dihadapi Rafael Benitez pada 2004 setelah meninggalkan Valencia.

“Benitez datang setelah meraih dua gelar La Liga dan satu Piala UEFA atau Klopp memenangi beberapa gelar liga dan mencapai final Liga Champions. Liverpool sebenarnya berada di ruang yang berbeda saat itu," ujarnya

"Tetapi Liverpool berada di era yang berbeda sekarang. Mereka sebenarnya ingin menantang Liga Premier setiap musim. Musim depan, di Liga Champions, mereka berharap setidaknya bisa mencapai perempat final," imbuh Carragher.

Sebab itu, kedatangan Slot merupakan lompatan besar. Carragher mnilai sejauh ini rekam jejak Slot masih terbilang bagus.

Slot ketika di Feyenoord mengambil alih kursi pelatih dari Dick Advocaat untuk musim 2021/2022 dengan klub tersebut finis di urutan kelima pada musim sebelumnya.

Hanya dua tahun kemudian, mereka menjadi juara Eredivisie. Slot membangun tim yang menekan dengan memainkan sepak bola yang intens. Gaya permainan yang diterapkan Slot menyerang dan disebut-sebut memiliki kemiripan dengan gaya sepak bola Pep Guardiola. (Dhk)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat