visitaaponce.com

Kuasai Literasi Digital Cegah Plagiarisme

Kuasai Literasi Digital Cegah Plagiarisme
Kemendikbudristek mendorong pendidikan berbasis teknologi pada jenjang PAUD hingga perguruan tinggi.( ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim mengatakan para ASN di lingkup Kemendikbudristek harus menguasai literasi digital.

"Melalui penyelenggaraan Literasi Digital yang dilaksanakan secara masif dan dipadukan dengan program Merdeka Belajar akan meningkatkan kompetensi atau kemampuan ASN Kemendikbudristek," kata Nadiem saat memberikan sambutan kepada 6.000 ASN yang melaksanakan pelatihan literasi digital digelar oleh Kemenkominfo secara hybrid, 27-30 Maret 2023.

Nadiem melanjutkan bahwa, ASN yang mengikuti kegiatan ini akan dihadapkan pada empat dimensi Literasi Digital sebagai penunjang kompetensi. "Empat dimensi literasi digital yakni Digital Skills, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Culture akan mengembangkan
kompetensi ASN.

Kegiatan ini juga akan menjadi momentum untuk semakin meningkatkan kecakapan digital ASN Kemendikbudristek. "Saya optimistis hasil dari pelatihan ini akan meningkatkan pelayanan publik," jelas Nadiem.

baca juga: Bikin Podcast Bisa Dengan Alat Sederhana

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti menambahkan bahwa tanggung jawab ASN kini semakin besar karena pelayanan yang
dihadirkan bagi masyarakat semakin beragam.

"ASN saat ini dituntut bekerja lebih baik dalam berbagai pelayanan untuk masyarakat. Oleh karena itu, kita perlu menguasai literasi digital dengan baik," ungkapnya.

Ia berharap para ASN yang menguasai literasi digital akan mampu berpikir kritis dalam menyaring informasi, bagaimana menggunakan  internet dengan aman dan menghindari plagiarisme digital. "Dan bagaimana kita bisa menjaga identitas kita atau data-data rahasia di ruang digital," kata Suharti.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Boni Pudjianto dalam kesempatan sama berharap ASN harus memahami konsekuensi dari penggunaan perangkat digital agar tetap aman dan nyaman di dalam ruang digital.

"Inovasi teknologi digital adalah hal yang kini terus berlanjut dan membawa dampak pada pekerjaan termasuk dalam sektor literasi
digital. Oleh karena itu, ASN perlu cakap dalam menggunakan ruang digital, namun juga harus berhati-hati saat menggunakannya," jelasnya.
(N-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat