visitaaponce.com

ROG Ally Bakal Jadi Pesaing Steam Deck

ROG Ally Bakal Jadi Pesaing Steam Deck
ROG Ally dari Asus.(YOUTUBE/ROG GLOBAL)

ASUS sangat rajin meramaikan momen April Mop tiap tahun, namun ternyata perangkat yang dipamerkan pada tanggal 1 April tahun ini memang sedang disiapkan. Asus ROG berencana merilis handheld gaming bernama Asus ROG Ally.

Perangkat tersebut nantinya bakal menjadi pesaing dari Nintendo Switch dan Steam Deck. Asus ROG Ally memiliki desain yang lebih mirip ke Steam Deck atau pendahulunya yaitu Sony PSP alias PS Vita.

Tentu saja handheld ini akan bisa memainkan game berat seperti Steam Deck yaitu deretan game PC. Hal ini tidak mengejutkan karena Asus ROG Ally kabarnya akan mengandalkan prosesor chipset AMD APU.

Baca juga: Steam Spring Sale akan Berakhir 3 Hari Lagi

Asus ROG Ally bahkan sudah tampil di situs ecommerce Best Buy meskipun belum menampilkan harga penjualan resmi. Di poster resminya, perangkat ini memiliki tombol trigger cukup lengkap hingga ke bagian bawah atau belakangnya.

Spesifikasi lengkap dari perangkat ini memang belum diketahui namun kabarnya Asus akan menggandeng AMD untuk menyediakan prosesor versi custom yang berbeda dari pesaingnnya.

Steam Deck sebelumnya juga menggunakan cara yang sama yaitu mengandalkan chipset (SoC) AMD Van Gogh dengan fabrikasi 7nm TSMC dilengkapi GPU RDNA 2.0. Asus ROG Ally disebut mengandalkan lini Ryzen arsitektur Zen 4 dengan GPU RDNA 3, dikutip dari WCCF Tech.

Baca juga: Zenbook 17 Fold OLED, Laptop ASUS Paling Inovatif

Asus ROG Ally memiliki layar ukuran tujuh inci dengan refresh rate 120Hz. Resolusi layarnya di 1080p FHD dengan tingkat kecerahan mencapai 500 Nits. Fiturnya diklaim sejajar dengan perangkat laptop gaming Asus ROG.

Sistem pendingin Asus ROG Ally akan dilengkapi model passive dan active cooling dengan kipas ventilasi. Tidak hanya itu perangkat ini juga bisa terhubung ke ROG XG Mobile yaitu GPU eksternal dijual Asus ROG untuk lini laptop ROG Flow X Series dan Z Series.

Hal ini menandakan performa Asus ROG Ally akan benar-benar bisa memainkan game berat seperti di PC atau laptop gaming. Asus ROG XG Mobile sendiri sudah tersedia dengan pilihan GPU hingga model tertinggi yang memakai Nvidia GeForce RTX 4090. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat