visitaaponce.com

Perusahaan Gim Jepang Sega Ingin Beli Pembuat Angry Birds

Perusahaan Gim Jepang Sega Ingin Beli Pembuat Angry Birds
Chief Executive Officer Rovio Alexandre Pelletier-Normand berfoto di kantor pusat pengembang gim Finlandia Rovio Entertainment di Espoo.(AFP/Markku Ulander/Lehtikuva.)

GRUP gim Jepang Sega menawarkan pembelian perusahaan pembuat waralaba populer Angry Birds, Rovio Finlandia. Kesepakatan yang ditawarkan itu senilai lebih dari 700 juta euro (US$770 juta).

Kesepakatan itu, kata perusahaan itu, Senin (17/4), akan menandai akhir dari kemandirian industri game mobile Finlandia. Rovio meluncurkan gim Angry Birds lebih dari satu dekade lalu.

Tawaran oleh Sega, yang terkenal dengan karakter binatangnya sendiri, Sonic the Hedgehog, juga merupakan akuisisi profil tinggi terbaru di sektor gim. Tawaran tersebut, yang mewakili 19% dari harga penutupan saham Rovio pada Jumat, "Merupakan bagian dari tujuan jangka panjang Sega untuk berekspansi ke pasar game seluler," kata CEO Sega Haruki Satomi.

Baca juga: Saingi ChatGPT, Twitter Kembangkan AI meskipun Musk Serukan Jeda

"Di antara pasar gim global yang berkembang pesat, pasar gim seluler memiliki potensi yang sangat tinggi," katanya dalam suatu pernyataan. Angry Birds dengan cepat menjadi salah satu gim seluler paling sukses setelah dirilis pada 2009 dengan beragam burung terbang di udara untuk menabrak bangunan dan menjatuhkan pasukan babi hijau.

Pada 2016, film Angry Birds--diproduksi oleh Sony Entertainment--sukses besar dengan pendapatan kotor US$350 juta di seluruh dunia. Namun Rovio tetap sangat bergantung pada gim andalannya, berjuang untuk mengembangkan hit serupa lainnya. Pada 2015, ia memberhentikan sepertiga stafnya.

Baca juga: Komponen Multimedia: Teks, Grafik, Audio, Video, dan Animasi

"Menggabungkan kekuatan Rovio dan Sega menghadirkan masa depan yang sangat menarik," kata kepala eksekutif Rovio Alexandre Pelletier-Normand. Rovio merekomendasikan agar pemegang saham menerima tawaran tersebut. Saham Rovio naik lebih dari 17 persen di bursa saham Helsinki pada Senin sore. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat