visitaaponce.com

Ini Dia Empat Pemain Raksasa Gim di Dunia

Ini Dia Empat Pemain Raksasa Gim di Dunia
PUBG.(MI/Hafiez Razali.)

PERUSAHAAN video game sedang berjuang untuk mendapatkan bagian dari industri yang bernilai sekitar US$300 miliar. Serangkaian akuisisi dilakukan sehingga menyisakan empat raksasa dan sekelompok independen.

Regulator masih mempelajari akuisisi yang diusulkan Microsoft atas Activision Blizzard, pembelian terbesar dalam sejarah video game. Pada Senin (17/4) Sega dari Jepang mengatakan akan membeli pembuat Angry Birds Finlandia dengan harga lebih dari US$770 juta. Berikut para pemain besar gim skala global.

Pemain gim Tencent

Tencent yang berbasis di Tiongkok ialah pemain terbesar dalam hal pendapatan, mendominasi pasar Asia, dan berinvestasi di studio gim di seluruh dunia. Perusahaan tersebut memiliki Riot Games, pembuat hit battle royale League of Legends dan memiliki saham di bintang gim Prancis, Ubisoft dan Activision.

Baca juga: Perusahaan Gim Jepang Sega Ingin Beli Pembuat Angry Birds

Tencent juga mengakuisisi studio Finlandia Supercell (Clash of Clans, Clash Royale, Brawl Stars) pada 2016 seharga US$8,6 miliar. Ini merupakan rekor pada saat itu.

Pemain gim Sony: PlayStation

Raksasa elektronik konsumen Jepang, Sony, telah menjual lebih dari 500 juta konsol PlayStation sejak 1994. Melalui anak perusahaan, ia mengontrol sejumlah studio--termasuk Insomniac dan Housemarque--yang telah mengembangkan judul eksklusif untuk mesinnya seperti saga Spider-Man.

Baca juga: Nickname Mobile Legends Nama ML Keren

Itu memperkuat portofolio Sony pada Januari 2022 dengan akuisisi Bungie senilai US$3,6 miliar, pembuat Halo dan Destiny, meskipun Halo masih dimiliki oleh Microsoft. Sony juga menginvestasikan $2 miliar pada April 2022 di Epic Games, perusahaan di belakang Fortnite.

Pemain gim Microsoft

Raksasa Amerika melakukan akuisisi terbesar dalam sejarah sektor ini pada Januari 2022 dengan tawarannya untuk membeli Activision Blizzard seharga US$69 miliar. Kesepakatan itu akan membuat titan perangkat lunak mendapatkan judul-judul utama seperti Call of Duty, World of Warcraft, dan Diablo.

Namun, regulator di Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Inggris membuka penyelidikan atas kesepakatan tersebut. Grup di belakang konsol Xbox itu sudah memiliki kendali atas gim seperti Minecraft, Elder Scrolls, dan Fallout berkat akuisisi sebelumnya. 

Sekarang Microsoft mengarahkan pandangannya untuk menjadi seperti video game Netflix dengan platform online Game Pass. Ini memungkinkan pengguna mengunduh gim atau memainkannya melalui cloud.

Pemain gim Nintendo

Dengan mengandalkan saga buatan sendiri seperti Mario, Zelda, atau Pokemon, Nintendo menonjol dari para pesaingnya dengan menjauh dari kegilaan akuisisi di sektor ini. Selain gim in-house-nya, Nintendo juga sangat fokus pada konsol Switch-nya yang terjual lebih dari 100 juta unit sejak dirilis pada Maret 2017.

Pemain gim independen 

Ada beberapa penerbit gim terkemuka sejauh ini telah lepas dari tangan raksasa, tetapi bisa menjadi target dalam waktu dekat. Pembuat Amerika Take-Two ialah kelas berat dalam dirinya sendiri. Istalnya diisi dengan permainan populer termasuk Grand Theft Auto, NBA 2K, dan Red Dead Redemption.

Take-Two menghabiskan US$12,7 miliar untuk mengakuisisi pengembang gim seluler Zynga, pencipta simulasi pertanian FarmVille. Independen besar lain, termasuk Electronic Arts dan Ubisoft, keduanya memiliki penilaian bernilai miliaran dolar. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat