visitaaponce.com

Didukung BSSN, PT MTM Luncurkan Tim Tanggap Insiden Siber

Didukung BSSN, PT MTM Luncurkan Tim Tanggap Insiden Siber
Acara peluncuran Computer Security Incident Response Team (CSIRT)(dok: MMI)

PT Media Telekomunikasi Mandiri (MTM) resmi meluncurkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) pada Rabu, (31/5) di Gedung ITS Tower Jakarta Selatan.  Didukung BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), MTM-CSIRT merupakan tim tanggap insiden siber yang berfungsi untuk membantu meningkatkan keamanan, responsibilitas, dan aktif mencegah serta mendeteksi serangan dunia maya.

Acara launching MTM-CSIRT ditandai dengan pemukulan gong oleh Nurul Kowim selaku Presiden Direktur MTM, didampingi Slamet Aji Pamungkas selaku Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN, yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan cenderamata.

Nurul mengatakan, dalam era digital yang sangat pesat ini ancaman siber yang semakin kompleks dan terorganisir, kehadiran CSIRT menjadi sangat krusial dalam melindungi infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi. “MTM-CSIRT memiliki tugas menerima, meninjau, dan menanggapi laporan aktivitas insiden keamanan siber. dengan memberikan respons penanggulangan dan pemulihan yang efektif, serta mencegah terjadinya serangan siber di masa mendatang”.

Baca juga : Indonesia Rentan Terhadap Serangan Siber

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kerja sama, terutama bantuan yang diberikan oleh tim BSSN. “Kami yakin, bersama-sama, kita dapat mencapai tingkat keamanan yang lebih tinggi dan memberikan kontribusi positif dalam menghadapi tantangan keamanan siber.”

Slamet Aji selaku Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN, mengatakan, BSSN sangat memperhatikan aspek keamanan siber baik untuk pengguna dari kalangan pemerintah, korporasi, ritel maupun masyarakat secara umum. Menurut dia transformasi digital telah mendorong perilaku ekonomi masyarakat dan hal tersebut berdampak terhadap keamanan nasional.

Dalam menjaga keamanan ekonomi digital yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional, lanjut dia, perlu adanya pengelolaan risiko yang baik. “Apalagi dengan telah disahkannya UU PDP (Perlindungan Data Pribadi) yang juga melengkapi UU ITE, maka ini menunjukkan tingkat keseriusan pemerintah dalam melindungi masyarakat pada sisi negatif di ruang digital.”

Baca juga : Jaga Ruang Siber, BSSN kembali Gelar National Cybersecurity Connect

“Melalui pembentukan CSIRT atau Tim Tanggap Insiden Siber, PT MTM yang merupakan pelopor perusahaan swasta cybersecurity di Indonesia, diharapkan mampu menjadi mitra BSSN dalam meningkatkan kesadaran pentingnya literasi pengetahuan tentang keamanan siber dan  menjawab menjawab tantangan dalam mengelola risiko keamanan di Indonesia,” imbuhnya. (RO/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat