visitaaponce.com

Inovasi Digital Harus Bermanfaat untuk Masyarakat

Inovasi Digital Harus Bermanfaat untuk Masyarakat
Seorang konsumen menggunakan layanan pembayaran digital Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) saat membeli produk UMKM.(ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

MENURUT laporan e-Conomy SEA 2022 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia dengan menghitung Gross Merchandise Value (GMV) bertumbuh CAGR 22% menjadi US$77 miliar pada tahun 2022 dan akan terus bertumbuh hingga U$360 miliar pada tahun 2030.

Sejalan dengan visi "Mendukung Akselerasi Transformasi Digital" yang telah dideklarasikan oleh Presiden Jokowi untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia, Kemenkominfo berkolaborasi dengan para penggerak ekosistem digital menginisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Tujuannya meningkatkan jumlah kewirausahaan ekonomi digital di Indonesia.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kali ini menggelar  #Hack4ID sektor sasaran bidang logistik di Ruang Serba Guna Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatra Utara (USU), diikuti 64 mahasiswa USU.

baca juga: Tantangan Bangun Teknologi Startup untuk Berwirausaha

Kepala Badan Pengembangan Riset dan Inovasi USU, Buchari mengatakan bahwa kegiatan #Hack4ID sangat penting untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan kemampuan anak muda khususnya pelaku ekonomi digital untuk menghadapi tantangan dalam dunia industri.

"Kami berharap seluruh peserta dapat berkontribusi secara aktif dalam kegiatan ini hingga menghasilkan ide-ide inovatif yang dikembangkan sebagai prototipe bisnis dan dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa dan negara," ujar Buchari, Sabtu (3/6).

Manager IP & Service Node Operation Telkom Indonesia, Erikson Sirait sebagai pembicara kunci mengatakan bahwa saat banyak tantangan yang dihadapi Telkom dalam proses digitalisasi.

Menurutnya saat ini inovasi digital yang diciptakan bisa memenuhi kebutuhan industri.  "Telkom sangat support bagi teman-teman yang punya ide di sisi digital services bisa kita fasilitasi dari optimalisasi digital platform sampai connectivity-nya," terang Erikson.

Dalam workshop hadir Product Analyst DANA, Farkhan Khairullah Amril yang menjelaskan bagaimana perjalanan sebuah produk sehingga bisa menjadi solusi bagi masyarakat.

"Pada intinya, produk yang baik itu harus bisa memecahkan masalah bagi penggunanya tanpa meninggalkan nilai bisnis dari produk tersebut,” jelas Farkhan. (N-1)

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat