visitaaponce.com

Google AI Generatif, Ini Sederet Perusahaan yang Sudah Menggunakannya

Google AI Generatif, Ini Sederet Perusahaan yang Sudah Menggunakannya
Pengenalan artificial intelligence (AI) generatif saat Google Cloud Jakarta Summit 2023 di Jakarta, Kamis (8/6/2023).(MI/Ramdani)

DALAM empat bulan terakhir, Google Cloud telah memperkenalkan sejumlah teknologi yang memungkinkan terciptanya berbagai inovasi mutakhir dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) generatif.

Yang teranyar, Google Cloud mengumumkan ketersediaan Generative AI support on Vertex AI secara umum untuk membantu organisasi mempercepat adopsi AI mereka, pada pekan lalu. AI generatif adalah teknologi kecerdasan buatan yang mampu menciptakan data dalam berbagai bentuk seperti teks, gambar, video, audio, dan model tiga dimensi.

Regional Director, Indonesia dan Malaysia, Google Cloud Megawaty Khie menyebut AI khususnya AI generatif akan berdampak besar pada masyarakat dan perdagangan.

Baca juga : Media Group dan Google akan Jalin Kerja Sama

Ia pun menyebutkan sejumlah perusahaan yang telah memanfaatkannya dan dampak teknologi tersebut terhadap bisnis perusahaan tersebut.

Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI), sebut Megawaty, telah menjadi pengguna awal platform Vertex AI Google Cloud.

Baca juga : 8 Fakta dan Cara Kerja Google Bard, Saingannya ChatGPT

Penggunaan inovatif Vision API (antarmuka pemrograman aplikasi) telah memungkinkan mereka terintegrasi secara aman dengan database ID pemerintah Indonesia, sehingga identitas nasabah baru, baik dari kantor cabang, agen BRILink, maupun aplikasi selulernya, dapat diverifikasi secara otomatis dalam hitungan detik dengan teknologi Optical Character Recognition.

Selanjutnya, ada KoinWorks sebuah neobank di Indonesia, juga berkolaborasi dengan Google Cloud dan Devoteam untuk memanfaatkan analitik cloud dan AI untuk melakukan proses seperti pemeriksaan know-your-customer dan know-your-business yang biasa dilakukan bank.

"Ketika masalah agunan menjadi hambatan bagi UMKM dalam mendapatkan pinjaman, misalnya, model penilaian kredit internal KoinWorks mengombinasikan data transaksi UMKM, data inventaris gudang, data Google Profil Bisnis, dan sumber data lain, untuk membantu para UMKM ini mendapatkan persetujuan pinjaman," jelas Megawaty.

Di dunia yang sangat mengutamakan inovasi baru, sambungnya, Google Cloud juga menjadi mitra tepercaya bagi kalangan startup maupun perusahaan unicorn dunia.

"Sebanyak 70% dari 100 unicorn teratas dunia—termasuk GoTo Group, Kopi Kenangan, dan Traveloka—telah beralih ke Google Cloud demi memanfaatkan kapabilitas analitik cloud, AI, dan ML (machine learning)-nya yang terbaik di industri dalam upaya mereka untuk berkembang secara cepat dan merintis industri baru,” bebernya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat