visitaaponce.com

Google Setop Dukungan Google Play untuk Android Kitkat

Google Setop Dukungan Google Play untuk Android Kitkat
Logo sistem operasi Android.(AFP/PATRICK T. FALLON )

PENGGUNA ponsel pintar berbasis Android jadul alias lawas bakal cemas setelah Google ingin menghentikan dukungan untuk salah satu sistem operasi yaitu Android Kitkat alias Android 4.4.

Kabar ini sudah dikonfirmasi langsung oleh Google di blog resminya. Google mengumumkan mulai bulan depan, mereka akan berhenti menyediakan dukungan Google Play untuk ponsel pintar dengan sistem operasi Android Kitkat.

Hal ini menandakan ponsel pintar dengan sistem operasi tersebut tidak akan bisa menerima update aplikasi, secara tidak langsung pengguna tidak akan bisa menikmati fitur terbaru dari tiap aplikasi.

Baca juga: Meta Luncurkan Threads Versi Beta untuk Android

Keputusan Google untuk menghentikan dukungan hape berbasis Android Kitkat tidak mengherankan. Apabila penggemar gadget mengingat kembali, Android Kitkat sudah dirilis 10 tahun lalu. 

Makanya bisa dipastikan bahwa hape yang masih mengandalkan sistem operasi Android Kitkat sudah memiliki spesifikasi yang tidak mumpuni atau sesuai dengan kebutuhan aplikasi saat ini.

Menurut data yang dibagikan Google, jumlah perangkat yang berbasis Android Kitkat saat ini juga sudah sangat sedikit, yaitu kurang dari satu persen dari seluruh hape Android yang aktif per Juli 2023.

Baca juga: Lima Hal Baru yang Perlu Diketahui Tentang Android & Google Play

Android Kitkat saat itu membuka awal pengembangan Android GO, sistem operasi yang dirancang untuk menyediakan kemampuan terbaik Android di spesifikasi rendah. Di momen ini hape Android juga kehadiran teknologi seperti IR Blaster dan NFC. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat