visitaaponce.com

Lima Hal Baru yang Perlu Diketahui Tentang Android Google Play

Lima Hal Baru yang Perlu Diketahui Tentang Android & Google Play
Google berupaya membuat AI makin bermanfaat bagi masyarakat, bisnis, komunitas, dan semua orang.(Ist)

BARU-baru ini Google mengumumkan sejumlah teknologi barunya lewat acara tahunan mereka di panggung I/O, berbagai hal terbaru yang telah dikerjakan selama 7 tahun ini.

Google berfokus pada AI yang tengah hangat dibincangkan di masyarakat. Google berupaya membuat AI makin bermanfaat bagi masyarakat, bisnis, komunitas, dan semua orang.

Penasaran? Simak penjelasan Senior Director of Engineering and Product, Google Play, Alex Musil, tentang 5 hal baru yang perlu diketahui tentang Android dan Google Play untuk memaksimalkan penggunaan fitur bagi para penggunanya, berikut ini.

Mendorong kemajuan Android dengan peningkatan kualitas aplikasi

Buat para pengguna smartwatch kini lebih banyak fitur Google yang akan segera hadir di smartwatch kalian. Segera pada akhir tahun ini, para pengguna akan dapat mengakses dua favorit Google Workspace, yakni Gmail dan Google Kalender.

Baca juga: Google Meluncurkan Bard sebagai Tantangan untuk ChatGPT

Tanggapi email dengan cepat di Gmail, dan periksa jadwal para penggunanya, lihat dan RSVP ke acara, dan perbarui status tugas di Kalender.

“Platform wearable Android telah tumbuh lima kali lipat sejak diluncurkannya Wear OS 3 pada tahun 2021, dan menjadi platform smartwatch dengan pertumbuhan paling pesat di dunia. Developers juga berinvestasi dalam platform ini,” ujar Alex.

Selain itu, lanjutnya, bagi para pengguna ponsel pintar lipat, kini lebih dari 50 aplikasi Google telah dioptimalkan untuk perangkat berlayar besar, termasuk Gmail, Google Foto, dan Meet.

Baca juga: Pencipta AI Menyesal Telah Kembangkan Teknologi AI

Dengan transisi yang halus saat berpindah layar, tata letak multi-kolom yang lebih baik, dan mode di atas meja, para pengguna dapat berganti-ganti tugas dengan mudah dan bekerja efektif menggunakan kemampuan ponsel untuk dilipat dan dibentangkan.

Sementara itu, aplikasi favorit seperti Spotify, Minecraft, dan Disney+ pun menghadirkan pengalaman memuaskan yang terasa intuitif di perangkat dengan layar yang lebih besar.

Semua perangkat Android akan saling terhubung

Pernah kebingungan mencari perangkat kalian? Find My Device akan segera diperbaharui pada tengah tahun ini untuk mendukung lebih banyak perangkat dari berbagai brand, termasuk headphone, tablet, dan banyak lagi.

“Dan demi melindungi privasi dan keamanan, para pengguna akan diberi peringatan tentang pelacak tak dikenal jika ada tag pelacak tidak dikenal yang terdeteksi, kemudian pengguna akan dibantu untuk menemukannya,” imbuh Alex.

Baca juga: The Godfather Teknologi AI Keluar dari Google

Lebih lanjut ia menjelaskan, Android ingin memastikan semua perangkat itu dapat saling terhubung dengan baik dan mudah, untuk memberikan kemudahan akses, Android kini melengkapinya dengan membuat sejumlah fitur.

Pertama, Fast Pair yang mempercepat konfigurasi untuk menyambungkan perangkat favorit pengguna, termasuk lebih dari 300 headphone.

Kedua, Casting untuk membuat streaming video dan audio ke perangkat pengguna menjadi mudah, dengan dukungan untuk lebih dari 3.000 aplikasi.

Lalu, Nearby Share, telah tersedia di 3 miliar perangkat, memungkinkan pengguna berbagi konten secara mudah dengan perangkat lain, seperti ponsel, tablet, Chromebook, dan bahkan PC Windows.

Membangun masa depan bersama dengan Google Play

Khusus bagi para developer apps, kini ada peluang baru untuk menambah pengguna baru dengan berbagai platform ber-traffic tinggi khusus untuk menampilkan konten-konten dari para komunitas developer yang paling menarik, termasuk via notifikasi Play.

Baca juga: Google Hadirkan Podcast di Youtube Music

Game yang telah ikut berpartisipasi mengalami 20% kenaikan akuisisi (pengguna baru) dan akuisisi ulang di Play Store, yang didorong oleh lebih dari 60% kenaikan traffic dari fitur Jelajahi.

“Dan untuk meningkatkan bagaimana dan di mana konten promosi para developer dilihat di Play, terdapat pembaharuan cara pelaporan agar komunitas developer dapat melacak dan mengoptimalkan performa langsung event promosinya,” kata Alex.

Fitur monetisasi juga menjadi lebih efektif. Ada perubahan baru terhadap fitur langganan untuk membantu memperluas jangkauan para pengguna serta meningkatkan konversi dan retensi.

Baca juga: Rekomendasi 18 Game Google Gratis Terbaru 2023

Tahun ini, juga diluncurkan fitur agar komunitas developer dapat menyediakan berbagai harga paket perpanjangan otomatis dan paket prabayar sesuai keinginan pengguna, contohnya untuk memberikan diskon berulang kepada pengguna VIP.

“Google meningkatkan akses ke pembeli dengan metode pembayaran baru, fitur penagihan sesuai pilihan pengguna, dan berinvestasi dalam proses pembelian aman, yang pada tahun 2022 mencegah lebih dari $2 miliar penipuan dan penyalahgunaan transaksi,” papar Alex.

Semakin nyaman di perjalanan dengan Android Auto di mobil

Di ruang keluarga, Android TV OS sekarang telah menjadi platform streaming nomor 1 di dunia. Sistem ini juga telah menyediakan lebih dari 800 saluran TV gratis bagi pengguna Google TV, melampaui platform streaming lainnya.

Di jalan raya, Android terus menyuguhkan pengalaman baru di dalam mobil, dengan Android Auto maupun kapabilitas Google bawaan.

Didukung oleh hampir semua pabrikan otomotif besar, Android Auto sekarang tersedia di 200 juta mobil tahun ini. Jumlah model mobil yang dilengkapi dengan kapabilitas Google bawaan akan bertambah lebih dari dua kali lipat hingga akhir tahun ini.

Jadikan perangkat Android semakin unik dengan bantuan AI

Manfaat inovasi AI Google terus disebarkan dalam skala besar. Misalnya, dalam setahun terakhir, Android menggunakan AI untuk melindungi pengguna dari 100 miliar pesan yang dicurigai sebagai spam.

Google juga terus memperkenalkan bagaimana kemajuan AI dapat membuat ponsel pengguna makin personal, termasuk dengan fitur Magic Compose, Cinematic Wallpapers, dan Generative AI Wallpapers. Baca selengkapnya tentang fitur-fitur tersebut di postingan blog ini. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat