visitaaponce.com

Talenta Teknologi Lokal Bangkitkan Perkembangan Digital Indonesia

Talenta Teknologi Lokal Bangkitkan Perkembangan Digital Indonesia
Ilustrasi. Android dan Google Play sangat penting, memberikan kontribusi signifikan bagi app developers di Indonesia.(Ist)

SAAT ini Indonesia berada dalam jalur transformasi digital untuk menjawab tantangan masa depan yang terus bergerak maju.

Transformasi digital telah mendapat dukungan dari pemerintah dengan membina talenta lokal melalui Indonesia Digital Roadmap tahun 2021-2024 yang berfokus pada percepatan agenda digitalnya.

Revolusi digital yang berpusat pada app developers di Indonesia, memimpin dan mendorong pergerakan inovasi dan layanan yang berharga.

Baca juga: Transformasi Digital Jadi Kunci Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Sektor Energi

Sebaliknya, hal ini menumbuhkan perkembangan ekonomi menciptakan lapangan kerja, dan mendorong konsumen untuk menggunakan alat digital baru baik untuk produktivitas maupun hiburan.

Sebuah studi tahun 2023 yang dilakukan oleh Access Partnership menyoroti pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang signifikan.

Negara Indonesia memiliki lebih dari 212 juta pengguna internet dan lebih dari 10.000 app developers lokal.

Menurut laporan terbaru dari Google, Temasek, dan Bain menyatakan bahwa Nilai Barang Dagangan Bruto (GMV) ekonomi digital Indonesia diproyeksikan tumbuh pada tingkat CAGR (Compounded annual growth) rate  19% dari tahun 2022 hingga 2025.

Baca juga: Ajang DevFest 2023, 3.400 Pengembang Teknologi Bahas Teknologi AI dan Aksesibilitas

GMV ekonomi digital Indonesia diharapkan mencapai USD 130 miliar (Rp 2,037 triliun) pada tahun 2025.

Abhineet Kaul, Senior Advisor untuk Indonesia di Access Partnership, menekankan perlunya ekosistem yang kuat bagi app developers lokal pada peluncuran “Accelerating the app economy in Indonesia: Android and Google Play's impact in Indonesia” pada tahun 2023.

"Studi kami menyimpulkan bahwa platform seperti Android dan Google Play sangat penting, memberikan kontribusi signifikan bagi app developers di Indonesia dengan menghasilkan pendapatan melebihi Rp 1,5 triliun dan memperkenalkan lebih dari 42.000 aplikasi baru,” kata Kaul. 

Baca juga: Universitas BSI Dorong Anak Muda Manfaatkan Teknologi Digital

Contoh app developers yang berhasil dalam ekosistem ini adalah TipTip, sebuah platform terintegrasi yang memungkinkan pengguna terhubung dengan komunitas atau pembuat konten yang sesuai dengan minat mereka.

Shira S. Wenas, VP Marketing & Content TipTip, mengatakan.“Platform TipTip menawarkan serangkaian fitur yang memberdayakan komunitas Indonesia dan memfasilitasi koneksi di antara individu-individu yang berpikiran sama."

"Kami juga memberikan jalan bagi para kreator dan komunitas baru untuk memonetisasi konten mereka melalui berbagai saluran pendapatan,” jelasnya dalam keterangan, Senin (22/1/2024).

Baca juga: Parallaxnet Dorong Penciptaan Talenta Digital lewat Platform Learning Management System 

Shira mengakui peran penting Google Play dalam memperluas jangkauan global aplikasinya dan menyediakan alat yang memudahkan app developers.

“Google Play membantu dalam menguji, mengoptimalkan, dan mempromosikan aplikasi kami, serta menyederhanakan proses pengembangan aplikasi,” tambahnya.

Laporan Access Partnership tahun 2023 juga menyimpulkan bahwa Inisiatif yang mendorong kolaborasi dan sinergi antar app developers mencakup program Bangkit, #JuaraAndroid, Google Play x Unity, dan Indie Games Accelerator.

Ringkasnya, seperti yang dijelaskan oleh Access Partnership, ekonomi digital Indonesia yang dinamis menyoroti kebutuhan penting akan platform serupa dengan Google yang dapat memperluas jangkauan app developers lokal di dalam negeri dan di seluruh dunia. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat